Sistem Laporan AtmaGo: Upaya Peningkatan Pelayanan Puskesmas Di Kabupaten Brebes

Sistem informasi kesehatan di Indonesia dewasa ini sudah sangat berkembang, seperti sudah tersedianya Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA), SIMPUS untuk puskesmas dan SIMRS untuk rumah sakit. Berkembangnya teknologi digital di bidang kesehatan ini mampu mengubah paradigma pelayanan kesehatan dari “Fasyankes Sentris” menuju ke “Pasien Sentris”, dan lebih mendekatkan ke masyarakat. 

Hal ini mengharuskan masyarakat untuk mengikuti, belajar dan berteman baik dengan dunia digital karena banyak sektor yang beradaptasi dengan perubahan yang sangat cepat dan dinamis termasuk dunia kesehatan. 

Hadirnya AtmaGo sebagai platform layanan laporan warga berbasis digital menjadi terobosan baru bagi peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik di kabupaten Brebes. Sistem laporan AtmaGo adalah layanan penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat tentang pelayanan puskesmas di Kabupaten Brebes . 

Ada dua Puskesmas di Kabupaten Brebes yang sekarang sedang memanfaatkan sistem laporan atmaGo tersebut yaitu Puskesmas yaitu Puskesmas Tanjung dan Puskesmas Wanasari. 

Bagi warga ini adalah tempat untuk mencurahkan aduan, saran dan masukkan kepada puskesmas selaku pemberi layanan kesehatan tingkat pertama, terhadap layanan yang sudah diberikan. Bagi Puskesmas Wanasari dan Puskesmas Tanjung, ini merupakan bagian dari inovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi warga. Disamping untuk menampung aduan masyarakat, platform atmaGO juga bisa sebagai media informasi dan sosialisasi program-program yang ada di puskesmas.

Ketua Yayasan Eska Unggul Kabupaten Brebes Herwanto mengatakan bahwa secara keseluruhan sistem laporan AtmaGo sangat bermanfaat dan memberikan rasa tersendiri baik bagi pemberi layanan dan penerima layanan. Herwanto berharap semoga layanan aduan secara online ini bisa membantu dan memberikan kemudahan bagi warga. 

“Sistem Laporan AtmaGo menjadi contoh sistem pelayanan masyarakat yang inclusive yang mampu mendorong dan mengajak peran serta masyarakat untuk berpartisipasi secara online karena kesempatan pihak pemberi layanan bertemu secara langsung dengan masyarakat sangat terbatas.Inisiatif yang digagas oleh Atma Connect ini sangat positif  dan memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Brebes yang prima”, Tambahnya 
Sistem laporan AtmaGo ini merupakan inisiatif baru yang digagas bersama oleh Forum Komunitas Brebes Bersama (KOBBER) yang terdiri dari 12 organisasi masyarakat Sipil dan Lembaga Masyarakat Sipil (LSM) dengan dukungan dari program MADANI USAID dan Atma Connect. Sistem Laporan AtmaGo bisa diakses melalui link website atmago.com/laporan-warga. (Alfan Kasdar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *