Desain Produkmu dengan Canva

Pernahkan kamu membeli sebuah barang hanya karena kemasan dan iklannya menarik dilihat? Tentu pernah, dong. Kini, berbagai macam peluang bisnis tumbuh dan mati silih berganti. Ketika kita ingin membuat sebuah produk yang akan dipasarkan, iklan dan kemasan menjadi faktor yang tidak kalah pentingnya dari produk itu sendiri. Dalam membuat kemasan dan iklan, keamanan dan kenyamanan menjadi faktor utama. Tetapi, keunikan produk juga tidak kalah pentingnya.

Sebagai seorang wirausaha baru, keterbatasan dana untuk menggunakan jasa desain produk terkadang menjadi masalah. Namun, aplikasi-aplikasi desain yang profesional juga belum tentu bisa dikuasai oleh wirausaha. Tetapi jangan khawatir, Canva memiliki fitur yang dapat menunjang seorang wirausaha untuk membuat kemasan produk yang menarik. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini!

  1. Kunjungi situs www.canva.com
  2. Login menggunakan akun Google atau cara lainnya
  1. Pilih menu templates di pojok kiri atas, dan pilih jenis format yang ingin kamu gunakan.
  1. Berkreasilah sesuai keinginanmu

Canva menyediakan berbagai macam template dalam bentuk 2D. Biasanya untuk kebutuhan wirausaha, template logo dan poster menjadi template yang paling sering digunakan. Namun, jangan khawatir. Apabila kamu ingin berwirausaha dengan menjual baju, gelas, business cards, dan lainnya, Canva juga memberi template berformat 3D agar lebih menarik dan realistis. Bagaimana caranya?

  1. Ketika sudah masuk ke halaman utama Canva, pilih menu features di pojok kiri atas.
  2. Pilih format yang kamu inginkan, apakah banners, business cards, kaos, atau yang lainnya.
  3. Berkreasilah sesuai keinginanmu.

Meskipun fitur ini menyediakan jasa percetakan yang Canva buat beserta harganya, kamu tetap bisa menggunakan fitur ini hanya untuk mendesain produk yang kamu ingin jual. Mudah sekali bukan?

Oya, juga jangan lupa bahwa prinsip dalam membuat desain produk adalah kesederhanaan dan kejelasan. Kesederhanaan menjadi penting karena pembeli hanya memiliki waktu hitungan detik untuk menarik perhatiannya. Meskipun produkmu luar biasa bagus, akan menjadi sia-sia apabila kemasannya tidak menarik. Selain itu, kejujuran, orisinalitas, kepraktisan dan eksistensi menjadi prinsip lain dalam membuat desain produk. Ketiga prinsip itu menjadi sangat penting agar calon pembeli tertarik dan memutuskan untuk membeli produkmu. Jadi, usahakan membuat produk yang memenuhi prinsip-prinsip di atas ya. Jangan sampai kamu melebih-lebihkan kemasan produk dan tidak menjaga orisinalitas.

Selamat mendesain produk bersama Canva Pro dan selamat berwirausaha!

*Artikel ini mengandung link afiliasi dan profit yang didapatkan dari campaign ini akan diberikan organisasi kami melalui Yayasan Saka Warga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *