Bahan Belajar Menarik, Semangat Belajar Anak Meningkat

Pernahkan Anda merasakan bahwa anak atau anak didik Anda tidak semangat belajar? Tentu pernah, ya. Demotivasi belajar pada anak merupakan hal yang sangat wajar. Namun, sudah menjadi tugas orang tua dan guru untuk mencari tahu penyebab anak merasa tidak semangat belajar dan mencari solusinya.

Mungkin, salah satu penyebab anak tidak semangat belajar adalah bahan belajarnya yang membosankan untuk dilihat. Isi bahan belajar hanya tulisan hitam putih, tanpa gambar dan ilustrasi yang menarik. Bisa saja anak tersebut membutuhkan media untuk membuatnya berimajinasi dan menerima informasi jauh lebih baik. Karenanya, mengubah format bahan belajar dari tulisan hitam putih menjadi media yang menarik bisa menjadi solusi.

Jangan khawatir apabila Anda tidak memiliki kompetensi untuk membuat desain menggunakan aplikasi-aplikasi profesional dan kompleks. Canva hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. 

Canva, yaitu platform desain grafis yang dapat didapatkan secara gratis dan diakses di mana saja menyediakan fitur “Classroom Kit” untuk memantik semangat belajar anak, membuat bahan belajarnya menjadi menarik. Bagaimana cara menggunakannya? Mudah saja!

  1. Kunjungi situs www.canva.com 
  2. Login menggunakan email atau sosial media lain yang Anda miliki
  1. Pilih “Features” di pojok kiri atas
  2. Pilih menu “Classroom Kit”
  1. Pilih template yang kamu inginkan
  2. Berkreasilah!

Di menu sebelah kiri, Canva mengkategorikan desain-desain yang berdasarkan tingkatan sekolah. Terdapat menu Preschool, Grades K-2, hingga Grades 3-6 yang bisa Anda pilih, disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Canva juga mengkategorikan ratusan template Classroomkit-nya yang dapat dipilih di menu sebelah kiri. Di sana terdapat kategori poster, student label, Google Classroom Header, hingga framed Art.

Tidak hanya itu. Anda juga dapat memfilter template desain menggunakan warna yang mendominasi. Anda dapat memilihnya di menu filter di sebelah kiri bawah. Di sana terdapat berbagai macam warna dasar yang bisa dipilih untuk memfilter ratusan template desain yang ada. Semoga upaya mengubah format bahan belajar menjadi menarik ini bisa memantik semangat belajar anak ya! Selamat berkreasi.

*Artikel ini mengandung link afiliasi dan profit yang didapatkan dari campaign ini akan diberikan organisasi kami melalui Yayasan Saka Warga Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *