Curhat Corona: Dampak dan Manfaat

Fotografi Makro Dari Formasi Tetesan Air

Oleh : Sovia Eprinita, M. Psi., Psikolog

Masalah kesehatan jiwa sama pentingnya dengan masalah kesehatan fisik, terkadang tidak jarang masalah fisik yang muncul terjadi karena kondisi psikologis yang kurang baik. Di Indonesia sendiri prevalensi orang dengan gangguan jiwa sekitar 1 dari 5 penduduk, artinya sekitar 20% populasi di Indonesia mempunyai potensi masalah-masalah gangguan jiwa (SehatNegeriku, 2021). Kondisi ini di tambah dengan pandemi yang terjadi sehingga semakin menambah tekanan psikologis yang dirasakan oleh masyarakat.


Selama layanan Curhat Corona berlangsung, telah banyak keluhan yang muncul dari masyarakat baik itu karena dampak pandemi atau permasalahan psikologis lain. Keluhan yang muncul beragam diantaranya adalah sulit tidur, mudah marah, lebih sensitif, cemas berlebih, dan sebagainya. Layanan Curhat Corona hadir sebagai salah satu upaya untuk memberikan dukungan sosial dasar bagi masyarakat sehingga mendapatkan penguatan dukungan psikologis. Selama layanan ini berlangsung telah banyak manfaat yang dirasakan oleh masing-masing individu yang menerima layanan ini. Adapun perasaan positif yang dirasakan setelah menjalani sesi telekonseling adalah munculnya perasaan positif serta lebih baik, merasa tenang dan didengarkan, perasaan menjadi semakin lega, dan lebih jelas bagaimana harus bersikap dalam menyikapi masalah yang sedang dialami.


Perubahan perasaan menjadi lebih positif terjadi karena masing-masing individu release dengan berbagai perasaan yang dirasakan sehingga akhirnya membuat mereka akan lebih fokus pada pemecahan masalah (Mash, 2010). Selain itu, ketika seseorang merasa diterima serta dipahami mengenai apa yang ia rasakan maka hal ini akan menyembuhkan hal ini karena munculnya empati sehingga mencoba memahami masalah dari sudut pandang individu. Dengan berbagai dampak positif yang dirasakan menunjukan bahwa layanan Curhat Corona memberikan dampak yang positif kepada para klien, walaupun dengan keterbatasan layanan yang dilakukan secara daring. Oleh karena itu, bagi masyarakat yang membutuhkan layanan konsultasi online secara gratis maka dapat mengakses laman covid19.atmago.com/id/consult.

Daftar Rujukan

Inter-Agency Standing Committee (IASC), Addressing Mental Health and Psychosocial Aspects of Covid-19 Outbreak Version 1.5 (February 2020).
Mash, Eric.J. & David A. Wolfe. 2010. Abnormal Child Psychology. USA : Wadsworth.
Sehat Negeriku. 2021. Kemenkes Beberkan Masalah Permasalahan Kesehatan Jiwa di Indonesia. Diunduh dari [https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20211007/1338675/kemenkes-beberkan-masalah-permasalahan-kesehatan-jiwa-di-indonesia/]. Diakses pada 4 November 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *