Cara Mendaftar Kartu Prakerja dengan Mudah

Mendaftar kartu prakerja dapat Anda lakukan dengan mudah, selagi Anda mengetahui apa saja tahapan yang harus dilakukan. Sementara itu, sebelum masuk ke tahapan seleksi untuk mendapatkan kartu prakerja, Anda wajib memiliki akun terlebih dahulu di situs resmi dari program ini.

Setiap tahun, pemerintah akan membuka pendaftaran yang dibagi menjadi beberapa gelombang. Maka dari itu, karena waktu tepatnya tidak akan diberitahu sejak awal, Anda wajib mencarinya sendiri dengan selalu rutin mengecek berita dari media sosial kartu prakerja.

Pemerintah dengan sengaja membuat akun Facebook dan Instagram yang dapat dijangkau oleh banyak orang, supaya semua orang yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi pemilik kartu prakerja dapat mengikuti program ini dengan mudah.

Jadi, bagaimana cara mendaftar kartu prakerja?

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, untuk bisa memiliki kartu prakerja, Anda perlu memiliki akun terlebih dahulu di situs resmi dari program unggulan pemerintah satu ini. Oleh karena itu, sebelum masuk ke tahapan seleksi, pastikan Anda sudah mendaftar akun kartu pra kerja dengan menggunakan data diri yang benar.

Jika Anda sudah memiliki akun pada situs prakerja.go.id, maka Anda bisa langsung menuju ke proses pendaftaran. Namun, perlu Anda ingat, pendaftaran ini hanya bisa diikuti ketika pendaftaran kartu prakerja memang sedang dibuka. Sebab, formulir pendaftaran tidak akan tersedia, jika pendaftaran memang belum diselenggarakan oleh pemerintah.

Untuk semakin memahami proses pendaftaran kepemilikan kartu prakerja, kami akan memberikan beberapa tahapan untuk mendaftarkan diri, yang antara lainnya adalah:

  1. Untuk yang belum memiliki akun, lakukan pendaftaran akun

Tahapan ini harus dilewati oleh orang-orang yang memang belum memiliki akun di situs resmi prakerja. Dikarenakan prosesnya yang sangat mudah, dijamin sebagian besar masyarakat Indonesia pasti bisa melakukannya. Berikut ini cara untuk mendaftar akun prakerja di situs resminya:

  • Kunjungi situs resmi kartu prakerja menggunakan perangkat Anda.
  • Setelah masuk ke halaman utama, pilih menu “Daftar Sekarang”, dan masukkan alamat email yang masih aktif serta kata sandi yang tidak mudah ditebak oleh orang lain.
  • Setelah itu Anda bisa langsung menekan tombol “Daftar”, dan lakukan verifikasi dengan mengklik link yang dikirimkan melalui email yang terdaftar tadi.
  • Jika Anda sudah melakukan proses verifikasi tersebut, maka pendaftaran akun sudah berhasil Anda lakukan.
  1. Login akun prakerja

Setelah akun berhasil terdaftar dan dibuat, maka sekarang tentunya Anda harus melakukan tahapan login ke akun Anda tersebut. Caranya pun tidak kalah mudah, yaitu:

  • Kunjungi kembali situs resmi kartu prakerja, dan kali ini klik tombol “Masuk” atau “Login”.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi yang sesuai, jadi Anda wajib mengisinya dengan tepat.
  • Setelah mengisi data-data tersebut, sekarang Anda hanya perlu mengklik tombol “Masuk”.
  • Selesai.
  1. Mengikuti pendaftaran gelombang

Dalam tahapan ini, Anda sudah semakin dekat dengan proses mendaftar kartu prakerja. Sesuai dengan perkataan kami di awal artikel, pendaftaran kepemilikan kartu prakerja dibuka dalam sistem per-gelombang, jadi pendaftaran ini tidak terbuka setiap saat.

Tahapan-tahapan di bawah adalah proses pendaftaran gelombang yang wajib Anda ikuti, jika memang ingin menjadi salah satu pemilik kartu prakerja di Indonesia, yaitu:

  • Masuk ke menu “Dashboard” pada akun Anda, dan tahapan ini hanya bisa diakses melalui perangkat smartphone.
  • Setelah itu, pada bagian verifikasi KTP, Anda harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), dan tanggal lahir yang benar, lalu klik tombol “Lanjutkan”.
  • Kemudian lengkapi data diri yang diminta, dan pastikan data diri yang Anda masukkan tersebut benar dan sesuai dengan KTP.
  • Dalam tahapan selanjutnya, nantinya Anda akan diminta untuk mengunggah foto KTP yang jelas. Maka dari itu, perhatikan ketentuan yang tercantum, supaya proses ini bisa dilalui dengan lancar.
  • Selain itu, ketika mengunggah foto KTP ini, Anda harus memastikan foto diambil langsung dari kamera smartphone yang Anda gunakan.
  • Jika tahapan pengunggahan foto KTP ini sudah berhasil Anda lakukan, selanjutnya Anda perlu melalui proses verifikasi nomor telepon yang Anda daftarkan.
  • Isi data diri yang berupa nomor telepon di kolom yang sudah tersedia, dan langsung klik tombol “Kirim” setelah Anda memasukkan data yang benar.
  • Maka, Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS, dan Anda perlu memasukkan kode tersebut ke kolom verifikasi yang sudah disediakan.
  • Klik tombol “Verifikasi”, dan isi pernyataan pendaftar sesuai kondisi Anda sendiri. Jika semua data sudah Anda isi dengan sesuai, Anda bisa mengklik tombol “OK”.
  • Proses selanjutnya akan beralih ke tahapan tes motivasi dan kemampuan dasar. Dalam hal ini, Anda perlu menjawabnya dengan baik, supaya ketika melewati proses evaluasi, Anda bisa lolos dengan mudah.
  • Setelah hasil tes berhasil dievaluasi dan Anda lolos, sekarang Anda perlu memilih gelombang yang sesuai dengan domisili Anda. Baru kemudian klik tombol “Gabung”.
  • Kemudian, layar akan menunjukkan konfirmasi pilihan gelombang yang Anda pilih. Dalam hal ini, Anda bisa langsung mengklik tombol “Ya, Gabung”, jika memang data tersebut sudah sesuai.
  • Klik opsi “Saya Menyetujui”, ketika layar menunjukkan pernyataan persetujuan prakerja.
  • Selesai. Sekarang Anda hanya perlu menunggu proses evaluasi dilakukan. Biasanya, notifikasi terkait kelolosan peserta akan dikirimkan melalui SMS atau email yang terdaftar.

Semua orang bisa mendaftar kartu prakerja, selagi mereka memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ada. Dengan caranya yang mudah dan praktis seperti di atas, tak mengherankan banyak orang tertarik untuk mengikuti program ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *