Panduan Lengkap untuk Mendapatkan Kartu Prakerja

Untuk bisa mendapatkan kartu prakerja, Anda wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu. Pendaftaran program ini tidak dibuka setiap saat, dan akan dibuka menurut gelombang.

Pendaftaran kartu pra kerja ini dibuka secara online, dan dapat diikuti oleh semua orang yang memenuhi persyaratan yang ada. Untuk informasi lebih lanjut tentang program kartu ini, Anda dapat menemukannya dengan mudah melalui situs resmi dari program kartu pra kerja.

Supaya Anda bisa lolos seleksi dan bisa menjadi pemilik kartu pra kerja, Anda harus mengetahui apa saja tahapan yang akan Anda lalui sebelumnya. Maka dari itu, simak dengan baik artikel ini untuk mengetahui panduan lengkap pada pendaftaran kartu pra kerja.

Persyaratan dan cara mendaftar kartu prakerja

Jika Anda sudah merasa yakin dan tertarik untuk menjadi pemilik kartu prakerja, maka Anda bisa langsung mencari tahu apa saja yang harus Anda siapkan untuk mendaftarkan diri. Sebab, tidak semua orang bisa leluasa memiliki kartu bermanfaat ini, dan hanya orang-orang yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi sajalah yang bisa memiliki kartu pra kerja.

Berikut akan kami sampaikan beberapa persyaratan untuk menjadi pemilik kartu pra kerja, yang antara lainnya adalah:

  • Berstatus resmi sebagai WNI dan berusia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang menjalani pendidikan formal, seperti murid SMA dan mahasiswa/mahasiswi
  • Tidak sedang menerima bantuan sosial (BANSOS) yang didapatkan dari program pemerintah lainnya
  • Bukan termasuk salah satu anggota dari TNI/POLRI, DPR/DPRD, BUMN/BUMD, PNS, dan lain sebagainya

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan di atas, maka Anda bisa langsung beralih ke tahapan mendaftar akun prakerja. Berikut adalah cara untuk membuat akun kartu pra kerja:

  • Akses atau kunjungi situs resmi dari program ini yaitu prakerja.go.id.
  • Setelah masuk ke halaman utama dari situs ini, Anda bisa langsung mengklik tombol “Daftar”, dan masukkan data-data seperti alamat email atau nomor ponsel yang masih aktif.
  • Kemudian klik kembali tombol “Daftar” yang ada di bawah kolom pengisian data.
  • Maka, nanti Anda akan diberi pilihan untuk melakukan metode verifikasi. Jika Anda memilih alamat email, maka kode verifikasi akan dikirimkan lewat email. Namun, jika Anda memilih metode nomor ponsel, maka kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS.
  • Cek kode verifikasi yang telah Anda dapatkan, dan masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang sudah disediakan.
  • Selesai. Anda sudah berhasil memiliki akun dalam program ini. Kendati demikian, perlu Anda ingat, bahwa pendaftaran ini hanya untuk memiliki akun dan bukan untuk memiliki kartunya itu sendiri.

Apa tahapan yang harus ditempuh selanjutnya setelah mendaftar akun prakerja?

Setelah mendaftar akun di situs prakerja, tak membuat Anda bisa langsung memiliki kartu pra kerja. Anda harus menempuh tahapan-tahapan selanjutnya, untuk bisa memiliki kartu menguntungkan satu ini.

Beberapa tahapan ini bisa Anda lakukan dengan mudah, selagi Anda memahami dan mempelajari apa saja tahapan yang akan dilewati. Maka dari itu, penting untuk Anda memahaminya terlebih dahulu, sejak sebelum Anda mengikuti tes atau seleksi menegangkan ini.

Berikut adalah beberapa tahapan yang harus Anda tempuh setelah mendaftarkan diri di situs prakerja, yaitu:

  1. Login ke akun prakerja yang telah Anda daftarkan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh calon pemilik kartu pra kerja adalah masuk ke akun prakerja yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Maka dari itu, Anda harus mengingat dengan baik alamat email dan kata sandi yang telah Anda daftarkan.

Untuk masuk ke akun prakerja milik Anda, Anda juga harus mengakses terlebih dahulu situs resmi dari program ini, lalu klik tombol “Login” dan masukkan data diri dari akun yang telah Anda daftarkan tersebut.

  1. Klik menu “Daftar Kartu Pra Kerja”

Setelah berhasil masuk ke akun Anda dengan tepat, maka nanti layar akan menunjukkan halaman utama dari akun prakerja Anda. Pada tahapan ini, Anda bisa langsung mengklik menu yang bertuliskan “Daftar Kartu Pra Kerja”.

  1. Isi formulir pendaftaran dengan data yang tepat

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran di halaman selanjutnya. Data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama sesuai KTP, alamat lengkap, nomor telepon yang masih aktif, dan data diri sejenis ini lainnya wajib Anda isi dengan data yang tepat. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam tahapan ini, karena tahapan ini akan menentukan apakah Anda bisa lolos ke tahapan selanjutnya atau tidak.

Selain itu, ada 1 hal lagi yang perlu Anda ketahui, yaitu dalam 1 Kartu Keluarga (KK) maksimal hanya 2 orang saja yang bisa mendaftarkan diri untuk menjadi pemilik kartu pra kerja. Jadi, jika dalam keluarga Anda sudah ada 2 orang yang memiliki kartu ini, maka Anda sudah tidak bisa mendapatkan kesempatan ini.

  1. Ikuti tes kemampuan dasar

Jika Anda sudah mengisi formulir pendaftaran dengan data yang benar, dan Anda juga sudah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, maka nanti Anda bisa mengikuti tes kemampuan dasar yang telah disediakan oleh pemerintah.

Tes kemampuan dasar ini wajib Anda ikuti dengan cara yang tepat. Biasanya, proses seleksi ini akan meliputi berbagai macam tes yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu menyiapkan kemampuan dasar yang cukup untuk bisa melewatinya.

  1. Tunggu hingga notifikasi muncul di akun Anda

Setelah melewati beberapa tahapan di atas, sekarang Anda hanya perlu menunggu sampai notifikasi masuk ke akun Anda. Notifikasi ini akan berisi tentang konfirmasi apakah Anda lolos seleksi atau tidak. Jadi, setelah menjalankan tahapan di atas, jangan pernah berhenti berdoa supaya bisa mendapatkan kartu prakerja dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *