Cara Tepat untuk Mengikuti Pendaftaran Prakerja Gelombang 10

Program kartu prakerja gelombang 10 sudah terlaksana. Namun, kemungkinan besar gelombang akan terus berlanjut dengan waktu yang akan ditentukan secara eksklusif oleh pemerintah atau pihak penyelenggara program kartu prakerja itu sendiri.

Pendaftaran kartu prakerja memang tidak seterusnya terbuka dan dapat diikuti oleh publik. Pemerintah dengan sengaja membuka pendaftaran dengan sistem beberapa gelombang, karena peminatnya sendiri sangatlah banyak, sehingga untuk melancarkan proses evaluasi, pemerintah menerapkan sistem ini.

Untuk kartu prakerja gelombang 10 sendiri adalah proses pendaftaran gelombang terakhir yang diadakan di tahun 2020. Di tahun 2021, gelombang terus berlanjut, dan jika Anda tertarik untuk mengikuti pendaftarannya, Anda wajib mengecek berita terkini melalui akun media sosial prakerja. Media sosial prakerja dapat Anda temukan melalui platform Facebook dan Instagram.

Tahapan untuk mengikuti program prakerja gelombang 10

Pemerintah menciptakan program baru yang sangat menguntungkan bagi masyarakat Indonesia yang sedang menjadi jobseeker ini, dengan tujuan supaya para pemilik kartu ini dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri dalam berbagai bidang keahlian, dan nantinya segala fasilitas akan disediakan secara gratis oleh pemerintah, untuk menempuh proses pelatihan yang harus dilakukan.

Namun, dengan banyaknya keuntungan yang terdapat dalam program ini, tentu membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti dan memiliki kartunya. Kendati demikian, kartu ini tidak bisa Anda miliki hanya karena Anda ingin memilikinya, Anda perlu mengikuti beberapa tahapan untuk bisa memiliki kartu prakerja.

Tenang saja, prosesnya sangat mudah dan tidak terlalu mengeluarkan tenaga dan waktu yang banyak. Apalagi, segala prosesnya juga bisa Anda lakukan secara online, sehingga Anda bisa melakukannya dimana saja, selagi Anda memiliki perangkat dan jaringan internet yang memadai.

Untuk waktunya sendiri, Anda harus mengeceknya secara manual. Sebab, pendaftaran program ini tidak dibuka sepanjang waktu, dan hanya di waktu-waktu tertentu saja Anda bisa mengikuti tahapan pendaftaran ini.

Ingin tahu dengan bagaimana cara mudah untuk mengikuti pendaftaran kartu prakerja sesuai dengan gelombang yang dipilih? Berikut kami berikan jawaban tepatnya:

  1. Proses pendaftaran

Sebelum masuk ke tahapan yang lebih lanjut lagi, tentu Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di situs resmi prakerja. Anda bisa membuat akun terlebih dahulu jika memang Anda belum memilikinya. Namun, jika Anda sudah memiliki akun pada situs ini, Anda bisa langsung masuk ke akun tersebut, dengan menggunakan data yang sesuai dengan yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

  1. Proses seleksi

Dalam tahapan ini, Anda wajib mengikuti proses seleksi yang sudah disediakan dan dilaksanakan oleh pihak prakerja. Anda harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, supaya Anda bisa masuk ke gelombang pendaftaran yang sesuai. Setelah mengikuti tes tersebut, sekarang Anda hanya perlu menunggu hingga pengumuman hasil dikirimkan ke nomor telepon atau alamat email yang Anda daftarkan. Biasanya, pengumuman hasil akan dikirimkan dalam kurun waktu 2-3 hari sebelum pendaftaran ditutup.

  1. Pilih pelatihan yang sesuai dengan minat Anda

Jika Anda dinyatakan lolos seleksi, sekarang Anda perlu memilih jenis pelatihan apa yang akan Anda ikuti. Anda bisa memilihnya di Mitra Platform Digital Resmi, dan bayar biaya pelatihan dengan menggunakan kartu prakerja milik Anda pribadi. Pastikan jenis pelatihan yang Anda pilih sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, supaya Anda tidak akan merasa kesulitan pada saat mengikuti pelatihan tersebut.

  1. Ikuti pelatihan yang sudah Anda pilih secara rutin

Setelah Anda memilih jenis pelatihan apa yang akan Anda ikuti, sekarang tentunya Anda wajib mengikuti pelatihan yang sudah Anda pilih tersebut secara rutin. Saat ini, pelatihan digelar dengan cara daring atau online. Jadi, Anda akan lebih praktis karena hal ini tidak mengharuskan Anda untuk datang ke suatu tempat tertentu.

Ikuti segala proses pelatihan yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan tersebut, dan jika Anda sudah berhasil melalui proses pelatihan tersebut, nanti Anda akan mendapatkan sertifikat elektronik yang bersifat resmi.

  1. Beri ulasan dan penilaian yang positif

Jika semua proses di atas telah Anda lalui dengan tepat, sekarang Anda hanya perlu memberikan ulasan dan penilaian yang bersifat positif ke jenis pelatihan yang telah Anda ikuti. Pastikan Anda memberikan ulasan dan penilaian yang sesuai dengan pengalaman yang telah Anda dapatkan. Jadi, hindari bersikap tidak terbuka, ketika Anda sudah berada di posisi ini. Sebab, segala ulasan yang Anda berikan sangat berarti, dan akan menjadi acuan bagi para calon peserta pelatihan selanjutnya.

Beberapa benefit yang terdapat dalam program kartu prakerja

Adapun benefit yang terdapat dalam program kartu prakerja diklaim dapat membantu para pemiliknya untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Hal ini akhirnya mampu mengurangi terjadinya mismatch yang dapat merugikan pihak pekerja maupun pihak perusahaan. Sementara itu, beberapa benefit yang terdapat dalam program ini adalah:

  • Insentif biaya pelatihan yang sebesar Rp. 1.000.000,00.
  • Insentif biaya pasca pelatihan yang sebesar Rp. 600.000,00 dan akan diberikan setiap bulan dalam kurun waktu 4 bulan.
  • Insentif biaya survei kebekerjaan yang sebesar Rp. 50.000,00 dari setiap pilihan survei yang telah berhasil Anda isi.

Jika ditotal menjadi satu, maka total keseluruhannya adalah Rp. 3.550.000,00. Tentu angka ini bukanlah angka yang rendah di mata masyarakat Indonesia. Apalagi, selain mendapatkan uang yang sebesar angka di atas, para pemilik kartu prakerja juga akan mendapatkan pengalaman pelatihan yang sangat berharga. Jadi, tidak mengherankan bukan mengapa program ini sampai sekarang masih memiliki peminat yang cukup banyak, bahkan hingga memasuki tahapan pendaftaran prakerja gelombang 10?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *