Cara Sederhana Menjaga Kesehatan saat PPKM

Pemerintah telah memberlakukan kebijakan yang membatasi seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak terlalu beraktivitas diluar ruangan. Hal itu dikarenakan adanya virus covid 19 yang belum juga mereda. Sementara itu, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau disebut juga dengan PPKM ini tentunya juga berdampak bagi kesehatan tubuh dan mental seseorang. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana cara menjaga kesehatan dengan tepat pada saat seperti ini.

Pandemi covid 19 ini memang mengharuskan orang-orang lebih banyak berada di rumah dan tentunya hal itu akan menghambat aktivitas fisik. Kondisi tersebut dapat merubah pola hidup dan berpotensi menjadi gaya hidup yang kurang sehat. Padahal  yang paling terpenting selama masa Pandemi masih berlangsung Anda seharusnya bisa menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar sehingga terhindar dari segala macam penyakit.

Cara Hidup Sehat saat PPKM

Tentunya pada saat PPKM Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk bisa meningkatkan kesehatan dengan beberapa cara sederhana berikut ini:

  1. Menyempatkan Diri dalam Berolahraga

Sebagian orang memang memiliki pola pikiran pada saat berada di rumah adalah sebuah hambatan untuk melakukan olahraga. Sebenarnya hal itu tidaklah demikian. Sebab, ada banyak olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus berada diluar rumah. Olahraga yang bisa dilakukan seperti senam aerobik, yoga, push up, sit up, maupun skipping. Manfaat dari olahraga ini sendiri yaitu dapat meningkatkan kekuatan otot. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kesehatan dari jantung. Anda bisa melakukan 150 menit pada setiap minggunya. Sehingga dapat dibagi dalam 3 sampai 5 hari

  1. Memiliki Tidur yang Cukup

Tidur juga merupakan faktor penting untuk membuat kesehatan bisa stabil. Sebab,tubuh membutuhkan waktu istirahat yang optimal sekitar 7 sampai 9 jam dalam setiap hari. Kebiasaan untuk bergadang dan kurang tidur dapat membuat tubuh tidak bugar dan menimbulkan berbagai macam gangguan lainnya pada kesehatan. Oleh karena itu, jadwalkan waktu tidur malam sedini mungkin setiap hari.

  1. Bisa Mengelola Stres dengan Tepat

Kesehatan fisik memang sangat penting untuk diperhatikan. Akan tetapi, kesehatan mental juga penting untuk memperbaiki suasana hati seseorang supaya lebih baik. Hal yang bisa dilakukan adalah dapat mengelola stres dan bisa dilakukan dengan berolahraga agar memproduksi endorfin sehingga dapat merangsang rasa untuk lebih bahagia dan tenang meskipun tidak ke mana-mana.

  1. Minum Air Putih dengan Rutin

Air merupakan hal paling dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, Anda tidak bisa untuk membuat tubuh dehidrasi. Supaya bisa tetap sehat dan bugar hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan air putih sekitar 2 liter sehari untuk dikonsumsi. Sehingga kulit dapat lebih sehat dan peredaran darah pun lancar.

Cara Menerapkan Pola Makan yang Sehat untuk Kesehatan 

Selain hidup sehat Anda juga harus menerapkan pola makan yang tepat. Supaya bisa tetap bugar setiap hari yaitu dengan cara berikut ini:

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Pada saat PPKM Anda juga harus sarapan. Meskipun berada di dalam rumah. Hal itu merupakan kegiatan yang sangat penting. Supaya dapat memperoleh energi dalam beraktivitas dan dapat melindungi dari berbagai resiko penyakit. Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, maupun sereal.

  1. Membatasi Konsumsi Makanan Kemasan

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar hal yang perlu dilakukan adalah membatasi makanan kemasan dan menggantinya dengan makanan yang segar. Anda juga bisa menyiapkan asupan alami seperti sayur, buah, dan juga ikan maupun protein yang lainnya.

  1. Mengkonsumsi Makanan yang Tinggi Serat

Pola makan Anda yang sehat juga harus disertai dengan makanan yang memiliki tinggi serat. Makanan yang dapat dikonsumsi yang tinggi serat seperti roti gandum ataupun nasi merah.

  1. Tidak Makan Secara Berlebihan

Walaupun Anda sudah makan makanan yang sehat,  tetapi porsinya haruslah seimbang. Apabila sudah kenyang maka harus berhenti. Jika masih merasa lapar maka harus menunggu 10 menit kemudian barulah makan lagi. Hal tersebut dilakukan supaya tidak berdampak negatif untuk kesehatan dan berat badan juga tidak berlebihan serta tidak mengganggu kinerja dari pencernaan.

  1. Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah juga merupakan elemen terpenting pada saat seseorang ingin menerapkan pola hidup sehat. Sebab, makanan tersebut memiliki banyak sumber vitamin, mineral, dan juga serat. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dalam keseharian serta dapat menjadi antioksidan untuk mengurangi berbagai macam resiko penyakit.

  1. Makan Dengan Pola yang Teratur Serta Tepat Waktu

Metabolisme tubuh bisa berubah pada suatu waktu. Oleh karena itu, Anda bisa makan sebelum larut malam. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang teratur bisa membantu tubuh dalam mengontrol risiko obesitas maupun kolesterol.

  1. Tidak Banyak Mengkonsumsi Kopi

Kopi juga bisa membuat orang menjadi lebih segar pada saat pagi hari. Akan tetapi, berlebihan dalam meminumnya dapat berdampak negatif bagi tubuh. Satu di antaranya yaitu dehidrasi, karena kopi dapat mempercepat keluarnya cairan pada tubuh melalui urine. Apabila ingin mengkonsumsi kopi maka cukup minum satu sampai dua cangkir setiap hari. Kemudian pilih kopi hitam yang memang memiliki sedikit gula dan lebih bagus lagi tidak menggunakan gula sama sekali. Hal yang perlu diperhatikan juga ialah hindari creamer ataupun toping pada kopi yang dapat meningkatkan jumlah kalori.

Kebijakan PPKM oleh pemerintah tidak akan membuat orang stres berada di rumah. Jika saja memiliki pola hidup dan juga makan yang sehat. Berbagai penyakit tentu tidak akan bisa menyerang tubuh karena memiliki sistem pertahanan yang kuat dari dalam diri seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *