Cara Daftar Bantuan PPKM Darurat dan Tips Mengelola Keuangan

Sejumlah bantuan digelontorkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat pada saat pandemi covid-19. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara daftar bantuan PPKM dengan tepat. Supaya bisa mencukupi kebutuhan hidup. Selain itu juga, Anda perlu tahu bagaimana cara mengelola keuangan di masa pandemi agar bisa bertahan dan tidak kehabisan uang. Apalagi saat berada di rumah.

Cara Daftar Bantuan PPKM Darurat

Anda perlu melihat cara daftar bantuan PPKM darurat dengan cara yang sesuai dengan kondisi tertentu. Contohnya seperti kartu Pra Kerja diberikan kepada orang-orang yang memang diberhentikan pekerjaannya pada masa pandemi dan bisa mengakses  melalui website resmi seperti prakerja.co.id. Selain itu juga, ada bantuan yang dijaring langsung oleh pemerintah melalui BPJS ketenagakerjaan dan menerima bantuan sebesar 1,2 juta yaitu bagi para pelaku usaha mikro. Hal itu bisa dilakukan dengan mendatangi koperasi maupun UKM yang ada di masing-masing pemerintahan daerah.

Cara daftar bantuan PPKM darurat juga bisa melalui bantuan yang diberikan oleh pemerintah seperti program keluarga harapan, kartu sembako, bantuan sosial tunai, ataupun bantuan program non tunai. Oleh karena itu, hal yang perlu dilakukan yaitu harus disesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

Bantuan sosial seperti kartu sembako atau dikenal dengan BLT bisa Anda konfirmasi melalui perangkat desa. Apabila data memang sudah tertera sebagai penerima daftar Bansos hal itu memang harus diusulkan kepada RT/RW. Jika memang memenuhi syarat tersebut maka nantinya para penerima bantuan  akan mendapatkan pemberitahuan berupa surat serta teknisi dari pendaftarannya.

Persyaratan yang harus disiapkan oleh Anda yang ingin menerima bantuan dari pemerintah yaitu berupa kartu tanda penduduk, kartu keluarga, dan juga kode untuk keluarga dalam data terpadu pada saat pencairan dana sosial tersebut.

Apabila Anda termasuk orang yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan dari kementerian sosial dapat membuka halaman dari cekbansos.co.id. Kemudian Anda bisa mencari pada kolom pencarian data penerima bantuan sosial. Lalu setelah itu pilih provinsi kabupaten, kecamatan, dan juga kelurahan. Setelah itu lihat pada kolom nama dan masukan nama lengkap sesuai dengan KTP. Terakhir masukkan 4 huruf dari kode yang memang sudah tertera pada kotak dan ketik cari.

Teknisi untuk penyaluran bantuan dari pemerintah biasanya melalui kantor pos ataupun disalurkan melalui jaringan dari himpunan bank-bank negara. Oleh karena itu, Anda harus mencari informasi yang akurat dari internet dan situs pemerintah yang memberikan penyaluran dana bantuan untuk orang-orang yang memang terkena dampak dari pandemi.

Tips Mengelola Keuangan Saat Pandemi

Selama masa PPKM dan pandemi yang belum juga belum berakhir banyak orang telah kehilangan pekerjaannya dari perusahaan sehingga terpaksa harus memberhentikan pegawai dengan pemutusan hubungan kerja. Apabila itu terjadi kepada Anda tentu harus pandai dalam mengelola tabungan. Sambil untuk mencari pekerjaan lainnya. Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengelola uang pada berikut ini:

  1. Tetapkan Terlebih Dahulu Tujuan yang Ingin Dicapai

Supaya Anda bisa untuk mengatur keuangan sebaiknya memang harus mencatat seluruh transaksi keuangan yang telah dilakukan pada saat ini. Memang banyak diantara orang-orang yang melakukan transaksi secara online karena alasan praktis. Maka dari itu, harus waspada terhadap biaya yang dikeluarkan pada saat mengisi ulang dompet elektronik. Ketika berbelanja online Anda mungkin secara tidak langsung berbelanja dalam jumlah yang lumayan besar dan terbilang sering. Oleh karena itu, hasil belanja menjadi pengeluaran besar. Apabila Anda masih bingung untuk mencatatnya, hal itu bisa dibantu dengan aplikasi. Guna mencatat pemasukan dan pengeluaran.

  1. Meninjau Kembali Pengeluaran

Apabila Anda sudah mencatat semua pengeluaran transaksi dari keuangan. Maka harus ditinjau kembali mana aktivitas yang memang penting dan tidak. Hal itu guna mengurangi pemborosan dan Anda juga akan tahu mana yang termasuk pemborosan atau tidak.

  1. Menetapkan Anggaran

Anda juga harus membuat anggaran pengeluaran pada setiap hal yang memang harus mengeluarkan biaya anggaran tersebut. Termasuk biaya listrik, belanja bulanan, pulsa maupun internet. Usahakan juga pengeluaran ini tidak dilakukan diluar anggaran yang telah ditentukan.

  1. Mengurangi Makan di Luar Rumah

Cara yang ampuh untuk menghemat pengeluaran adalah dengan mengurangi makan di luar rumah.Anda bisa memasak makanan sendiri. Sebab, kebanyakan orang memiliki pengeluaran yang besar disebabkan karena sering makan di luar. Oleh karena itu, pada pandemi ini hal tersebut harus dikurangi.

  1. Tidak Mudah Tergiur Pada Diskon Belanja Online

Masa pandemi ini juga banyak orang telah beralih melakukan transaksi dengan menggunakan online begitu pula dengan berbelanja tentunya saat ini banyak sekali bermunculan program diskon belanja yang ditawarkan kepada pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam mengendalikan diri supaya tidak membeli barang-barang yang tidak perlu dan hanya membeli barang-barang yang dibutuhkan saja.

  1. Bisa Melakukan Pekerjaan Sampingan

Anda dapat memulai bisnis sampingan supaya dapat menghasilkan penghasilan selama masa pandemi. Gunakan keahlian ataupun hobi yang dimiliki supaya bisa tetap menghasilkan uang. Contohnya apabila Anda suka suka memasak dan membuat kerajinan tangan, hal itu bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang. 

Cara daftar bantuan PPKM juga perlu untuk disesuaikan dengan kondisi yang ada alami saat ini. Selain itu juga, hal yang penting harus dilakukan adalah bagaimana cara mengelola uang dengan tepat. Supaya bisa bertahan sembari mencari pekerjaan yang memang bisa untuk menghasilkan uang pada saat pandemi seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *