Adaptasi Saat Pandemi dan PPKM Adalah Singkatan Dari?

PPKM adalah singkatan dari pemberlakuan pembatasan serta kegiatan masyarakat.

Tentunya saat ini sudah berlaku kebijakan tersebut di seluruh Indonesia dengan level yang tentunya berbeda-beda. Kondisi tersebut dilakukan dikarenakan situasi dari pandemi covid-19 yang memang belum juga mereda.

PPKM adalah Singkatan dari?

Seperti yang telah diketahui sebelumnya bahwa PPKM adalah singkatan dari suatu kebijakan yang diberikan oleh pemerintah untuk membatasi masyarakat dalam beraktivitas. Kebijakan tersebut tentunya bertujuan untuk melindungi masyarakat agar tidak terpapar oleh virus yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya juga.

Protokol Kesehatan yang Harus Dipatuhi Oleh Masyarakat

Selain PPKM adalah singkatan dari pembatasan kegiatan, maka perlu juga tahu bagaimana protokol kesehatan sebagai berikut:

  1. Mencuci Tangan

Kegiatan mencuci tangan harus menjadi kebiasaan pada saat ini. Hal itu tentunya dapat mencegah penularan dari covid-19. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah Anda mencuci tangan setidaknya 20 detik setiap hari yaitu sebelum memasak ataupun makan dan juga setelah menggunakan kamar mandi. Lalu menutup hidung dan pada saat batuk serta bersin.

  1. Menggunakan Masker

Masker juga merupakan hal penting yang harus digunakan oleh oorang-orang. Apalagi saat berada di luar rumah, begitu pula dengan orang-orang dengan kondisi tertentu yang harus memakai masker. Terlebih jika ada anggota yang terkena covid 19 dan juga berpotensi tertular oleh virus tersebut.

  1. Agak Menjaga Jarak

Protokol kesehatan yang perlu Anda patuhi juga adalah bisa dengan menjaga jarak. Anda juga harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang-orang. Apalagi yang berpotensi terjangkit virus covit 19. Akan tetapi, lebih baiknya lagi adalah Anda bisa menghindari kerumunan. .

  1. Menghindari Tempat Kerumunan

Tempat kerumunan merupakan sarana yang paling ampuh untuk terjangkitnya covid 19. Sebab, Anda tidak tahu apakah orang yang ada di kerumunan tersebut bebas covid 19 atau tidak. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari tempat kerumunan jika ingin tetap sehat selama masa PPKM.

Olahraga Yang Seru Di Rumah Saat PPKM

Masa pandemi saat ini tentunya juga Anda harus menjaga kesehatan. Supaya tetap bugar dengan beberapa olahraga berikut ini:

  1. Jumping Jack

Olahraga yang satu ini merupakan jenis dari olahraga aerobik yang tentunya akan menyehatkan sistem dari kardiovaskular. Manfaatnya adalah dapat menekan tekanan darah dan tentunya akan menyehatkan badan.

  1. Push Up

Olahraga ini merupakan kegiatan yang tidak perlu bantuan dari alat. Oleh karena itu, sangat simpel untuk dikerjakan. Bagi orang yang memang kurang suka dalam berolahraga, tentunya gerakan push-up ini dapat membakar kalori yang ada didalam tubuh dan dapat juga menambah massa otot. Sehingga bisa dijadikan pilihan yang tepat.

  1. Leg lift

Olahraga yang satu ini juga dapat dilakukan di rumah. Gerakannya juga dapat membuat otot menjadi lebih kuat dengan mengkombinasikan gerakan lain seperti push up  ataupun sit up. Hal itu akan sangat membantu untuk membuat tubuh lebih bugar.

  1. Sit up

Anda juga dapat melakukan olahraga seperti sit-up. Gerakannya memang sangat bermanfaat untuk membuat otot perut menjadi lebih kuat. Cara yang satu ini memang sangat efisien dalam mengencangkan otot-otot dari perut yang memang masih kendur.

  1. Joging

Jogging juga dapat membuat suasana hati menyenangkan. Anda juga tidak harus selalu berada dirumah sehingga bisa berjalan-jalan di sekitar rumah atau memutari ruangan pada saat menonton televisi dengan menyalakan musik yang disukai.

  1. Squat

Gerakan dari squat ini memang sangat bermanfaat untuk kaki dan punggung lebih kuat. Orang yang berolahraga juga dapat mempraktekkan gerakan dari squad pada saat berdiri maupun duduk dengan menggunakan kursi caranya yaitu dengan melakukan gerakan secara berulang-ulang.

  1. Mengangkat Beban

Olahraga seperti angkat beban ini juga tidak perlu harus dilakukan pada gym. Anda hanya membutuhkan dumbel barbel sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengangkat beban. Selain itu Anda juga bisa menggunakan barbel seperti pot bunga yang sudah diisi dengan semen atau juga dengan botol tidak terpakai yang berisi dengan air.

  1. Menari

Kegiatan seperti menari juga merupakan pilihan yang tepat sebagai sarana untuk hiburan. Hal itu bisa membangkitkan mood. Menari juga bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dari tubuh.

  1. Naik Turun di Tangga

Olahraga sederhana yang bisa dilakukan pada saat di rumah yaitu bisa naik turun di tangga. Walaupun kegiatannya dengan gerakan yang sederhana, hal tersebut dapat membuat otot menjadi lebih kuat, serta tulang kaki juga lebih kuat dan sehat.

Tips Olahraga Pada Masa PPKM

Ada beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan pada saat PPKM berikut ini:

  • Anda dapat melakukan olahraga dengan menggunakan pernafasan, postur, serta vokalisasi. Anda bisa terlebih dahulu untuk melakukan senam pernafasan dengan bernyanyi. Olahraga yang satu ini dapat dilakukan secara rutin supaya meminimalisir stres.
  • Menghidrasi tubuh dengan baik. Anda juga harus bisa menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan. Pada saat olahraga harus minum 30 menit sebelum olahraga dan setelahnya juga.
  • Lebih waspada apabila olahraga di dalam ruangan. Supaya kondisi tubuh tetap fit dengan tetap menjaga jarak aman. Selain itu juga, tetap menggunakan masker pada saat berolahraga. Olahraga juga tidak harus dengan fisik, tetapi bisa dengan latihan lainnya..

PPKM adalah singkatan dari kebijakan pemerintah dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Akan tetapi, banyak orang yang bosan pada saat berada di rumah. Oleh karena itu, ada beberapa olahraga yang memang bisa membantu untuk menghilangkan stres dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *