Taklukan Interview Kerja Dengan 7 Tips Wawancara Ini

Interview pada sebuah pekerjaan merupakan hal paling utama dalam menilai Apakah calon pelamar layak untuk direkrut atau tidak oleh HRD. Pertama, Anda tentu akan bertemu dengan HRD dan juga pihak manajemen untuk dilihat kemampuannya serta menilai. Baik itu untuk melihat performa pada saat berbicara maupun skill. Oleh sebab itu banyak orang yang gugup sehingga tidak berhasil. Maka dari itu, Anda sangat membutuhkan tips wawancara.

Tips Wawancara Kerja Yang Ampuh

  1. Sederhana Pada Pekerjaan yang Akan Dilamar

Riset merupakan hal paling pertama yang harus Anda lakukan pada saat interview kerja. Hal tersebut adalah bekal untuk Anda nantinya bisa menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh pihak HRD. Riset tersebut juga akan menampilkan diri Anda yang berpengetahuan luas sehingga dapat meyakinkan pihak manajerial dan juga HRD untuk merekrut diri Anda.

  1. Berpakaian yang Rapi dan Resmi

Penampilan juga sangat penting pada saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pakaian yang formal. Misalnya menggunakan kemeja putih dan bawahan hitam atau menggunakan pakaian layaknya pekerja kantoran. Penampilan tersebut tentunya juga akan dinilai oleh pihak HRD. Dengan menggunakan baju yang rapi dan sesuai tentunya hal itu akan membuat diri anda lebih percaya diri juga.

  1. Mengajukan Sebuah Pertanyaan

Anda juga harus bisa mengajukan pertanyaan kepada perusahaan. Hal itu akan menunjukkan sebuah rasa keingintahuan Anda terhadap perusahaan tersebut. Sehingga Anda akan dinilai orang yang sangat aktif dan antusias pada pekerjaan yang akan ditempati.

  1. Membangun Kesan yang Positif

Pihak perusahaan biasanya akan menentukan keputusan pada 5 menit pertama ketika wawancara. Sehingga pada menit berikutnya mereka tentunya akan mencari poin dalam mendukung keputusan tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus masuk ke dalam ruangan wawancara dengan membawa energi yang positif, aantusias, serta ramah dan tidak terlihat sombong maupun juga terlalu percaya diri.

  1. Tidak Berfikiran Overthinking

Overthinking akan membawa pengaruh sangat besar. Sehingga memberikan energi negatif. Jangan terlalu berpikir berlebihan. Hal itu tentunya akan membuat diri Anda tertekan dan gugup pada saat wawancara. Oleh sebab itu, membangun energi positif akan membawa kesan yang sangat baik.

  1. Menggunakan Parfum yang Terlalu Kuat Aromanya

Aroma parfum yang terlalu menyengat tentunya juga akan mengganggu indra penciuman. Sebab, setiap orang juga akan berbeda untuk menanggapi bau parfum. Oleh sebab itu, Anda jangan menggunakan parfum yang terlalu menyengat baunya karena orang-orang juga tidak akan respect.

Tips Agar Dipanggil Wawancara Kerja

  1. Mencantumkan Skill Pada CV

Pada saat melamar kerja pada posisi yang diinginkan tentunya juga harus sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Oleh sebab itu, pelamar harus menjelaskan secara lebih rinci tentang kemampuan yang dimiliki. Hal itu bisa juga dengan menyebutkan software ataupun alat kerja yang memang telah dikuasai. Contohnya apabila anda sedang menggambar di bidang akuntan tentunya pihak perusahaan akan menerima orang yang bisa dalam komputer akuntansi dan pembukuan keuangan.

  1. Media Sosial Dijadikan Sebagai Portofolio

Saat ini tentunya banyak para pencari tenaga kerja akan melihat latar belakang seseorang melalui aktivitas yang ada di media sosialnya. Apabila Anda ingin segera mendapatkan sebuah pekerjaan tentunya gunakan akun sosial media untuk hal-hal yang positif. Sebab, akun media sosial tersebut juga akan bisa dijadikan portofolio.

  1. Membuat Cover Letter Yang Memukau

Satu diantara cara jitu dipanggil wawancara atau interview yaitu membuat cover letter yang sangat menarik melalui hal tersebut. Cover entu letter yang memukau dapat mencuri perhatian dari HRD. Apabila Anda sangat bingung dalam membuatnya bisa melihat melalui internet. Selain itu juga, mengirim lewat email dengan format yang benar disertai juga dengan portofolio yang bagus yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan diisi posisinya.

  1. Mempersiapkan Contoh Keterampilan dan Pengalaman yang Telah Dikuasai

Anda tentunya tidak akan mungkin untuk mencantumkan semua informasi tentang pengalaman yang telah dilewati ataupun keterampilan yang dimiliki pada CV atau resume. Tentunya para pencari kerja akan bertanya tentang informasi secara detail pada saat wawancara. Supaya mengingat dengan mudah informasi tersebut bisa dengan menceritakan pengalaman seperti pencapaian yang telah didapatkan dari suatu pengalaman kerja dan kapan Anda akan menggunakan keterampilan tersebut.

  1. Meminta Rekomendasi

Apabila Anda adalah orang yang aktif di lingkungan kampus ataupun pernah magang pada suatu instansi atau perusahaan tertentu memang ada baiknya untuk menampilkan suatu surat rekomendasi dari orang-orang yang sudah mengenal dan juga tahu akan potensi dari keahlian tersebut.  Rekomendasi tersebut bisa melalui organisasi yang pernah dinaungi ataupun juga dosen pembimbing, maupun atasan pada saat magang. Dengan adanya hal tersebut akan mendapatkan poin plus, karena telah direkomendasikan orang yang pernah diajak kerjasama.

  1. Mengetahui Target Karir

Penting juga untuk mengetahui target karir yang ingin dicapai pada saat melamar pekerjaan. Oleh karena itu, pada saat melamar pekerjaan hal penting yaitu jenjang karir di posisi pekerjaan yang akan dilamar. Sehingga mudah menetapkan target karir pada posisi yang akan diraih. Sebab, tujuan yang jelas akan membuat realisasi tersebut akan cepat tercapai. Maka dari itu, Anda harus melamar pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuan dan bisa membantu diri bekerja secara profesional.

Tips wawancara kerja untuk orang-orang yang berencana melamar pada suatu instansi dan diterima interview tentunya juga harus mempersiapkan mental dan kesehatan. Guna memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para pencari tenaga kerja. Selain itu juga Anda harus mengetahui seperti apa posisi yang akan dilamar serta perusahaan yang akan dinaungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *