Bikin HRD Terkesan Dengan 9 Tips Melamar Kerja Ini

Tips melamar kerja pada suatu perusahaan tentunya harus dipersiapkan dengan begitu matang. Oleh sebab itu, Anda harus bisa membuat HRD terkesan dengan skill atau kemampuan yang dimiliki. Dengan demikian, peluang tersebut akan mengalahkan kandidat lainnya.

Tips Melamar Kerja

  1. Pilih Pekerjaan Sesuai Dengan Bidang Pendidikan

Tips melamar kerja pertama adalah bidang pendidikan terakhir dengan jurusan tertentu akan lebih memudahkan Anda untuk diterima pada suatu pekerjaan. Para pihak HRD juga tentunya akan melihat pengalaman kerja dan juga ilmu yang dimiliki oleh pelamar. Akan tetapi, pelamar  juga harus meningkatkan kualitas diri supaya bisa membuat perekrut yakin untuk menerima. Apabila seorang masih fresh graduate dan ingin bekerja, tetapi kurang pengalaman, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Sebab, portofolio serta pengalaman organisasi dan jika memiliki blog tentunya akan menambah nilai positif dimata HRD.

  1. Menggunakan Istilah Khusus Pada Bidang Anda

Memakai istilah teknis yang digunakan dalam bidang tertentu misalnya pada saat melamar pada bagian accounting tentunya Anda harus bisa memiliki keahlian komputer dan juga pembukuan. Maka hal itu dapat didiskusikan pada saat wawancara 

  1. Menyebutkan Gaji Dengan Jujur

Terkadang pertanyaan HRD memang terkait dengan gaji di kantor sebelumnya. Tentu ekspektasi dari gaji Anda bisa membuat dilema, tetapi kejujuran itu lebih baik daripada menghindari bohong soal gaji yang ingin didapatkan. Hal tersebut haruslah dijawab dengan berhati-hati. Sebab, HRD biasanya memiliki suatu jaringan yang sangat besar. Apabila perekrut ternyata berbohong, maka nantinya akan beresiko pada proses rekrutmen di kemudian hari dan bisa sampai mendapat masalah.

  1. Memasang Foto Secara Profesional

Apabila ingin meletakkan foto pada suatu CV atau resume Anda harus memastikan bahwa foto tersebut tampak profesional. Jangan menggunakan efek untuk membuat wajah lebih tampan atau cantik pada gambar. Hal itu justru akan membuat foto tampak tidak menarik dan akhirnya pertimbangan HRD untuk merekrut Anda jadi diurungkan.. Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang formal seperti memakai  blazer pada saat membuat vas foto. Keadaan tersebut akan memberikan nilai plus di mata HRD.

  1. Memperhatikan Cover Letter Dengan Baik

Fungsi dari cover letter yaitu bisa menggambarkan diri Anda dan juga kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, penting juga untuk membuat cover letter yang akan mampu membuat para HRD terkesan. Selain itu, Anda harus bisa memperkenalkan singkat mengenai diri dengan cara memberikan pengalaman yang relevan pada suatu pekerjaan yang akan dilamar.

  1. Jangan Sering Gonta-Ganti Pekerjaan

Memang berganti pekerjaan itu tampak umum dan wajar. Akan tetapi, HRD tentunya juga sangat memperhatikan hal tersebut. Apalagi jangka waktu bekerja pelamar di perusahaan sebelumnya. Jika Anda bekerja dalam waktu yang memang singkat pada suatu perusahaan, maka HRD tentunya bisa melihat suatu loyalitas di posisi tertentu dan itu akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam merekrut lamarannya.

  1. Melakukan Riset Sederhana Pada Perusahaan yang Akan Dilamar

Memang ada baiknya melakukan riset atau mencari informasi yang akurat tentang perusahaan terkait. Supaya Anda juga tahu bagaimana perusahaan tersebut serta model perusahaan seperti apa serta target dari pengguna perusahaan tersebut  Lalu kontribusi apa yang akan pelamar berikan untuk tempat pekerjaan itu. 

  1. Memoles Profil Sosial Media

Pada era digital saat ini tentu para rekrutmen juga dapat melihat portofolio kandidat yang ada di media sosialnya. Seperti apa kepribadian dan apa postingan yang sering diunggah oleh orang tersebut. Hal itu juga dapat dinilai oleh para HRD. Apakah layak dalam bekerja atau tidak. Oleh karena itu, Anda harus memoles profil sosial media dengan hal-hal yang positif dan menarik.

  1. Mempercantik Portofolio

Pada saat menyertakan suatu portofolio tertentunya harus menunjukkan portofolio dari hasil pekerjaan Anda dengan benar. Dengan adanya portofolio yang menarik dan bagus maka secara tidak langsung akan memperlihatkan pada perusahaan bahwa sang pelamar mempunyai pengalaman serta kemampuan. Itu tentunya diperlukan oleh pihak perusahaan. Sebaiknya juga mencantumkan semua proyek yang akan pernah dilakukan serta testimoni orang yang telah memakai jasa Anda. Dengan demikian HRD juga akan terkesan kepada pelamar.

Melamar Pekerjaan Agar Cepat Diterima

Melamar pekerjaan supaya bisa cepat diterima bisa Anda lakukan dengan menekuni bidang yang disukai. Sebab, segala sesuatu yang disenangi  tentu akan mendatangkan kenyamanan dalam bekerja. Anda juga dapat bekerja di bidang yang kekinian dan menjanjikan gaji mahal seperti admin media sosial, content creator, blogger, designer, freelance, penulis dan lainnya.

Kemampuan bahasa asing juga akan menambah nilai positif di mata HRD. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa menggunakan bahasa asing dengan baik. Supaya bisa cepat diterima. Tidak hanya bahasa Inggris yang bisa Anda kuasai. Akan tetapi juga, bahasa yang lainnya seperti Mandarin, Belanda, Arab, Jepang, Korea, dan lainnya.

Melamar pekerjaan atas dasar rekomendasi juga tidak ada salahnya. Supaya Anda bisa cepat mendapat pekerjaan. Rekomendasi itu juga untuk memastikan bahwa Anda memang telah memiliki kompetensi dan juga potensi yang telah dipertimbangkan oleh perusahaan terkait.

Tips melamar kerja tersebut bisa diterapkan ketika Anda sudah berencana ingin bekerja di suatu perusahaan yang diidamkan. Baik yang baru lulus kuliah atau yang pernah bekerja. Hal itu tentunya juga harus dimulai dengan persiapan yang matang. Supaya bisa diterima kerja dengan baik dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin pada perusahaan yang baru tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *