Yuk Cari Tahu Tahapan CPNS 2021 Supaya Lolos dengan Mudah

Peraturan baru memang menetapkan seseorang akan lulus CPNS 2021 harusnya melalui beberapa tahapan-tahapan. Hal tersebut bertujuan untuk menyeleksi para calon pegawai negeri yang benar-benar memiliki kompetensi dan berkomitmen terhadap kinerjanya di kemudian hari. Oleh sebab itu Anda harus mengetahui tahapan CPNS 2021 tersebut.

Tahapan CPNS 2021

  1. Mendaftarkan Akun

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses SSCASN  yaitu melalui link https://SSCASN.bkn.go.id. Setelah membuka link tersebut Anda harus login menggunakan akun dari SSCASN yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian selanjutnya adalah melengkapi data diri dengan benar dan lengkap, baru mengunggah swafoto yang telah ditentukan.

  1. Mendaftarkan Diri Pada Formasi Tertentu

Apabila Anda sudah membuat akun tentunya harus memilih formasi yang ingin dilamar. Oleh sebab itu, para pelamar harus memilih jenis seleksi kemudian juga memilih formasi dengan dokumen yang sesuai dengan persyaratan tempat formasi tersebut diadakan. Selain itu juga harus mengecek resume dan diakhiri dengan pendaftaran. Jika semuanya selesai maka harus mencetak kartu informasi dari akun dan juga kartu pendaftaran akun.

  1. Menunggu Tahap Seleksi Administrasi

Dokumen akan menentukan apakah pelamar lolos atau tidak untuk mengikuti tes SKD pertama kali. Pastinya panitia akan memverifikasi data dari para pelamar formasi. Kemudian panitia juga akan mengumpulkan hasil dari kelengkapan data, serta seleksi administrasi. apabila pelamar ternyata tidak lulus hal itu dapat disanggah melalui hasil seleksi administrasi. Jika semua selesai, panitia juga dapat menurunkan hasil sanggahan. Maka  pelamar yang dinyatakan telah lulus harus mencetak kartu ujian yang bertujuan digunakan pada saat tes nanti.

  1. Tes Kompetensi Dasar atau SKD

Tahapan dari SKD ini memang khusus untuk para peserta yang telah lolos seleksi administrasi dan telah memiliki nilai ambang dari batas SKD. Hal itu tentu harus dipenuhi oleh para peserta. Sesuai dengan persyaratan yang telah berlaku para pelamar pegawai negeri tersebut harus merencanakan dan juga mempersiapkan diri dengan baik dalam mengerjakan soal SKD juga harus lulus pastinya.

Mengacu pada pasal 35 ayat 2 SKD tentunya bermaksud dalam menilai kesesuaian dari kompetensi para pelamar dengan menyesuaikan standar kompetensi dasar dari ASN. Ujian SKD yang lengkap dengan passing grade-nya yaitu seperti Tes Wawasan Kebangsaan berjumlah 65 atau Tes Intelegensi Umum 80, serta Tes Karakteristik Pribadi 166.

  1. Tes Kompetensi Bidang atau SKB

Para pelamar yang telah lulus SKD tentunya harus juga mengikuti tahapan selanjutnya yaitu ujian SKB. Kisi-kisi dari tes tersebut yaitu seperti psychotest. Kemudian dilanjutkan dengan tes potensi akademik. Lalu ada juga tes kemampuan bahasa asing, serta tes kesehatan jiwa dan tes kesegaran jasmani. Tes selanjutnya ada juga tes praktek kerja dan ditambahkan dengan uji penambahan nilai untuk sertifikasi dari kompetensi wawancara. 

  1. Menunggu Hasil Pengumuman Kelulusan

Anda harus rajin untuk mengecek informasi kapan pengumuman kelulusan dari tes CPNS tersebut dikeluarkan melalui portal resmi dari pihak penyelenggara CPNS. Sebab, biasanya pengumuman tersebut bisa diundur ataupun dipercepat.

Persiapan Sebelum Tes CPNS 2021

Anda tidak hanya perlu tahu tahapan dari tes CPNS 2021 saja, yang tetapi juga mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum tes berlangsung berikut ini:

  1. Menyiapkan Dokumen

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh pelamar CPNS yaitu sebelum tes tersebut mempersiapkan dokumen seperti KTP asli, serta kartu keluarga dan fotokopinya maupun salinan yang telah dilegalisir oleh pihak pejabat pemerintah setempat, juga kartu peserta seleksi.

  1. Cara Berpakaian

Pelamar juga harus memperhatikan cara berpakaian pada saat mengikuti tes. Oleh karena itu, persiapkan terlebih dahulu busana yang akan dikenakan. Mengacu pada peraturan BKN nomor 2 tahun 2021 telah disebutkan aturan pakaian untuk para peserta yang mengikuti tes SKD yaitu memakai pakaian yang rapi, bersepatu, dan juga sopan. Akan tetapi, hal itu juga akan diinformasikan oleh setiap instansi untuk detail dari aturan pakaian. Biasanya untuk tes CPNS orang-orang menggunakan kemeja putih lengan panjang dan juga bawahan warna hitam. Khusus untuk orang yang menggunakan hijab bisa memakai warna hitam serta sepatu yang berwarna hitam juga. Lalu tidak diperkenankan untuk menggunakan berbagai macam aksesoris yang mencolok.

  1. Membawa Perlengkapan Alat Tulis

Anda juga harus mempersiapkan segala macam perlengkapan alat tulis seperti pensil kayu dan yang lain. Pastinya pada saat di ruangan ujian orang-orang hanya akan diperkenankan untuk membawa kartu peserta seleksi seperti KTP dan dokumen yang telah dipersyaratkan. Oleh karena itu, Anda harus membawa peralatan yang lengkap, tidak terkecuali alat tulis.

  1. Memperkuat Mental

Pada saat mengikuti tes CPNS tentunya Anda harus mempersiapkan mental dengan kuat. Supaya tidak terpengaruh dan juga stres pada saat mengerjakan soal. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan waktu sebaik mungkin. Kemudian harus meningkatkan standar dari nilai yang telah ditargetkan pada saat tes SKD. Hal yang lebih penting adalah percaya diri untuk menghadapi setiap tes yang akan diberikan oleh pihak penyelenggara CPNS.

  1. Mengevaluasi Diri

Anda juga harus bisa mengevaluasi diri Apakah pernah melakukan kesalahan sebelumnya. Apalagi pada persyaratan PNS tentunya seseorang tidak boleh terlibat dalam kasus hukum dan menjadi pengurus partai politik serta pernah diberhentikan secara tidak wajar di perusahaan milik negara. 

Tahapan CPNS 2021 akan memberikan Anda gambaran bagaimana cara yang benar untuk bisa menyelesaikan setiap soal ataupun tes yang diberikan oleh pihak penyelenggara kegiatan tersebut. Selain itu juga, hal yang harus dipersiapkan adalah mental, kesehatan, dan yang lebih penting adalah mempelajari soal yang pernah muncul sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *