Cara Menaklukkan Ujian CPNS 2021

Menaklukkan ujian CPNS 2021 itu tentunya tidak mudah. Oleh karena itu, pelamar harus memiliki strategi yang kuat dan ampuh supaya bisa menjadi seorang pegawai negeri. Sebelumnya  Anda juga harus sudah merencanakan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bertempur nanti pada saat ujian CPNS.

Cara Lolos Ujian CPNS 2021

Sebelum mengikuti tes CPNS Anda juga harus tahu bagaimana cara lolos ujian CPNS 2021 dengan tepat berikut ini:

  1. Pilihlah Formasi Dengan Tepat

Supaya peluang lulus ujian CPNS 2021 semakin tinggi Anda juga harus bisa memberi informasi dengan benar. Oleh karena itu, carilah informasi mengenai formasi melalui instansi terkait. Jangan hanya melihat pada instansi pusat saja. Akan tetapi, bisa melihat pada instansi daerah. Kemudian memilih formasi yang sedikit orang yang memilih akan membuat peluang semakin besar,  tetapi juga harus disesuaikan dengan bakat kemampuan, serta minat maupun latar belakang pendidikan Anda.

  1. Memperbanyak Latihan Soal

Untuk bisa bersaing dan juga lolos passing grade tentunya harus bisa mengerjakan soal dengan tepat. Akan tetapi, hal itu harus dilakukan jauh-jauh hari. Pembelajaran atau latihan soal dilakukan dengan persiapan matang supaya bisa lolos saat ujian CPNS 2021 berlangsung.

  1. Tahu Urutan Pada Saat Mengerjakan Soal CPNS

Anda juga harus bisa mengerjakan soal-soal CPNS sesuai dengan urutan seperti mengerjakan soal SKD yang terdiri dari 3 materi. Hal itu seperti Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Karakteristik Pribadi. Mengerjakan soal TIU memang merupakan masa yang lumayan panjang. Supaya tidak membuang banyak waktu.

  1. Mempelajari Soal Kisi-Kisi yang Terbaru

Anda juga memang harus rajin update untuk mencari informasi seputar CPNS. Selain itu juga, harus tahu teknis dan formasinya. Kemudian calon pelamar dapat  mencari update kisi-kisi soal dari SKD. Itu merupakan hal paling penting. Anda dapat mengetahui dan mempelajari Permenpan tahun 2021 yang berkaitan dengan kisi-kisi pada kategori soal TKP yang menyangkut soal anti radikalisme.

  1. Mengawali Dengan Doa

Setelah persiapan yang begitu matang Anda dapat mengawali dengan berdoa pada saat mengerjakan tes CPNS. Selain itu juga, jangan lupa untuk meminta restu kepada orang tua sebelum berangkat untuk mengikuti ujian CPNS, agar lancar dalam mengerjakan tes yang diberikan oleh pihak penyelenggara CPNS.

  1. Datang tepat waktu

Supaya Anda dapat menghindari terlambat bisa datang satu jam sebelum tes diadakan. Jangan lupa untuk pasang alarm supaya bisa mempersiapkan tes dengan sebaik mungkin dan bangun awal. Saat sampai ke lokasi tes akan lebih fresh.

  1. Menjawab Soal Dengan Konsisten

Ketika mengerjakan satu soal lalu Anda mungkin ragu-ragu dan juga berpikir terlalu panjang untuk mengganti suatu jawaban. Hal itu janganlah dilakukan. Oleh karena itu, pada saat mengerjakan soal pelamar harus konsisten dan yakin pada kemampuan diri agar tidak membuang waktu dengan sia-sia.

  1. Tahu Akan Passing Grade

Meskipun terkadang banyak orang yang sudah belajar dan latihan mengerjakan soal CPNS, tetapi tetap saja ada soal yang mengagetkan pada saat ujian berlangsung. Oleh sebab itu, Anda jangan khawatir sebab bisa menyeimbangi passing grade yang telah ditentukan dari kategori masing-masing soal. Agar bisa memprediksi soal yang akan dijawab nantinya seperti apa.

Penyebab Orang Gagal Ujian CPNS

Banyak orang yang gagal ujian CPNS. Hal itu tentu memiliki penyebab yang tanpa disadari justru sering dilakukan pelamar. Oleh sebab itu, Anda bisa melihat apa yang menjadi kendala gagal ujian CPNS berikut ini:

  1. Tidak Berhati-Hati dalam Menginput Berkas Online

Banyaknya antusiasme yang besar dari masyarakat untuk mendaftar ujian CPNS tentunya ada beberapa orang yang mengalami kesalahan karena terburu-buru. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan berkas yang akan telah ditentukan pihak penyelenggara. Sebab, setiap instansi pasti memiliki syarat tertentu. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dokumen seperti apa yang diminta oleh instansi yang dituju.

  1. Belum Mempersiapkan Surat Keterangan Akreditasi

Satu diantara banyaknya syarat yang harus dipenuhi adalah kualifikasi dari jenjang pendidikan seperti D3, S1, S2 atau juga S3 yang memiliki ijazah maupun akreditasi dari perguruan tinggi. Oleh sebab itu, persiapkan berkas minimal akreditasi dari perguruan tinggi tersebut minimal harus B.

  1. Tidak Terlalu Memperhatikan Data

Akibat terburu-buru dalam mengisi data tentunya banyak orang yang lupa untuk mengecek input dari data tersebut. Oleh karena itu, Anda harus sudah menyiapkan seluruh berkas yang diminta oleh pihak instansi. Supaya nanti pada masa pendaftaran tidak terburu-buru. Siapkan juga syarat dokumen agar bisa mengisi data dengan lebih cepat dan mudah.

  1. Gagal Pada Saat Tes SKD

Tes Seleksi Kemampuan Dasar merupakan seleksi awal sebelum terjadinya tes lanjut. SKD tersebut yaitu ada 3 materi seperti TIU, TWK dan TKP. Apabila Anda tidak memahami dan kurang belajar serta manajemen waktu yang buruk akan menyebabkan kegagalan tes. Supaya bisa berhasil untuk menyelesaikan tes pada saat ujian tersebut, maka harus bisa belajar manajemen waktu dengan baik dan tahu bagaimana untuk mengerjakan soalnya berdasarkan permenpan RB nomor 27 tahun 2021 untuk masa pengerjaan dari SKD meliputi sekitar 100 menit dan juga 130 menit yang dikhususkan untuk para penyandang disabilitas.

Cara menaklukkan ujian CPNS 2021 bisa dilakukan dengan beberapa cara, tetapi hal yang paling utama adalah Anda harus percaya diri dan positif thinking serta mempersiapkan perencanaan serta melampirkan seluruh berkas yang tertera pada persyaratan di instansi terkait. Agar nantinya pada saat masa ujian berlangsung calon pegawai negeri tersebut akan bisa mengerjakan dengan tepat dan lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *