Langkah untuk Mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan

Mengacu pada laman resmi Kemenaker bahwa BLT ataupun subsidi gaji akan disalurkan untuk para pekerja. Hal mengenai BLT tersebut juga tidak akan dikenakan dengan potongan apapun. Termasuk juga biaya administrasi. Oleh karena itu, Orang yang mendapatkan bantuan tersebut dapat mencairkan keseluruhan uang yang didapatkan.

BLT BPJS ketenagakerjaan bisa didapatkan dengan beberapa persyaratan seperti penerima merupakan warga negara Indonesia dengan dibuktikan melalui kartu tanda penduduk. Selain itu juga, merupakan buruh atau pekerja yang menerima imbalan dengan gaji sebesar 3,5 juta. Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah para penerima harus terdaftar yaitu sebagai peserta dari jaminan sosial tersebut dan masih aktif pada BPJS ketenagakerjaan.

Cara Mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan

Tentunya untuk mendapatkan BLT BPJS ketenagakerjaan, Anda harus memenuhi beberapa hal dari persyaratan yang telah disebutkan. Selain itu juga, dapat mengikuti beberapa cara berikut apabila telah memenuhi persyaratan:

  • Mengirim pesan dengan nomor whatsApp 0813 807 0175 atau juga melalui tautan link di https://wa.me./628138007175 supaya mendapatkan respon dengan cepat agar nantinya Anda bisa mendapatkan BLT tersebut untuk keperluan yang memang sangat dibutuhkan.
  • Apabila Anda telah mendapatkan respon tentunya dapat memilih pada ‘informasi calon penerima BSU 2021’ jika hal itu telah muncul. Maka harus mengikuti petunjuk selanjutnya lagi. Sebab, ada beberapa tahapan lainnya yang harus Anda ikuti dan tidak boleh untuk di skip.

Cara untuk Mengecek Penerima dari BLT BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda sudah mendaftar untuk menjadi penerima BLT BPJS ketenagakerjaan, maka selanjutnya harus tahu mengecek dari penerimaan tersebut. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk pada website bsu.kemnaker.go.id untuk melakukan proses selanjutnya.
  • Apabila telah masuk ke website tersebut tentunya Anda dapat mendaftarkan akun supaya bisa melihat dari penerimaan BPJS ketenagakerjaan tersebut. Jika Anda memiliki akun, maka sebaiknya untuk melakukan pendaftaran dengan melengkapi beberapa hal yang diminta untuk persyaratan pendaftaran tersebut. Biasanya aktivasi dari akun akan memakai kode OTP yang tentunya akan dikirimkan di nomor ponsel.
  • Setelah akun selesai dibuat. Tentunya Anda bisa masuk dengan leluasa kapanpun dan harus login pada akun Anda.
  • Melengkapi seluruh profil yang diminta yaitu seperti status pernikahan, tipe dari lokasi, foto profil, maupun tentang diri Anda
  • Mengecek bagian dari pemberitahuan tersebut setelah semuanya dilakukan dan akan mendapatkan notifikasi.

Cara Mengecek Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan dengan Situs Resmi

Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk bisa masuk melihat status dari BLT tersebut simak langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama buka link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masuk dengan menggunakan username dan juga password yang telah anda miliki sebelumnya.
  • Login pada dashboard dan cari kartu digital kemudian di klik.
  • Apabila sudah diklik tentunya Anda harus mengklik lagi gambar kartu.
  • Setelah semuanya dilakukan tentu akan muncul informasi mengenai status dari aktif atau tidaknya Anda sebagai peserta dari BPJS ketenagakerjaan dan juga meliputi nomor rekening. 
  • Apabila syaratnya sudah terpenuhi semua tentunya akan masuk pada rekening Anda.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Tentunya untuk mencairkan BLT dari BPJS ketenagakerjaan tentunya melalui beberapa hal berikut ini:

  • Para buruh ataupun pekerja yang tentunya berstatus perkembangan dapat masuk ke laman Kemenaker.
  • Jika sudah tercantum, maka selanjutnya akun sudah mendapatkan notifikasi status dari penerimaan BLT 
  • Bagi peserta yang belum memiliki rekening himbara maka nantinya akan dibantu oleh pihak penyelenggara untuk pembukaan akun.

Ada juga cara lain  untuk mendapatkan BLT dari BPJS ketenagakerjaan tersebut, berikut langkahnya:

  • Anda juga harus memastikan bahwa telah terdaftar sebagai peserta dari BPJS ketenagakerjaan dan harus rutin dalam membayar iuran yang telah ditentukan oleh BPJS ketenagakerjaan.
  • Mengecek saldo dari BPJS ketenagakerjaan yang dapat dilakukan melalui situs resmi. Kemudian juga ada pesan SMS atau bisa untuk memperhatikan notifikasi dari bank untuk penyaluran BLT tersebut.
  • Untuk orang yang mengaktifkan notifikasi tentunya akan dapat pemberitahuan dari bank yang telah menyalurkan apabila memang dana telah masuk.
  • Jika anda telah mengaktifkan notifikasi tentunya dapat mengecek saldo melalui ATM ataupun dapat melihat dengan menggunakan mutasi rekening.
  • Apabila dana BLT BPJS telah diterima tentunya dapat langsung digunakan dan diambil melalui ATM.

Tips pengelolaan keuangan dari BPJS ketenagakerjaan untuk biaya hidup

BLT yang diterima dari BPJS ketenagakerjaan tentu akan membantu Anda dalam mendapatkan keringanan biaya hidup. Akan tetapi, tidak banyak orang yang dapat mengoptimalkan dana tersebut sehingga masih kurang untuk kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, simak langkah-langkahnya untuk pengelolaan keuangan dari BPJS ketenagakerjaan berikut ini:

  • Mencatat seluruh pengeluaran harian. Hal tersebut tentunya akan sangat berguna bagi orang-orang yang memang ingin menghemat, jika biaya hidupnya berkurang pada saat pandemi khususnya dengan adanya bantuan BLT tersebut menjadi lebih terbantu. Tujuan dari pencatatan pengeluaran tersebut akan membuat Anda dapat melihat mana yang memang dibutuhkan atau tidak.
  • Utamakan kebutuhan bukan keinginan biasanya orang menghabiskan banyak uang dengan mudah dan cepat, dikarenakan boros dan mengikuti keinginan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membeli sesuatu sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Menghindari hutang sebisa mungkin. Jangan membeli barang atau menginginkan sesuatu dengan berhutang. Jika memang kondisi keuangan belum stabil dan Anda masih menerima BLT atau juga bisa melunasi hutang tersebut dengan menggunakan uang dari BLT.

BLT BPJS ketenagakerjaan tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Akan tetapi, hal tersebut haruslah bisa digunakan dengan sebaik mungkin. Supaya kebutuhan hidup bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu juga, Anda harus mengetahui cara untuk mengecek Apakah memang statusnya sudah sebagai penerima dari BLT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *