Pentingnya Peran Struktur Organisasi UKM dalam Suatu Kegiatan Berbisnis

Bagi sebagian orang memiliki suatu organisasi dalam menjalankan bisnis maupun usaha dianggap rumit dan hanya membuang-buang waktu serta tenaga. Tidak jarang juga yang beranggapan hal tersebut hanya akan menambah karyawan dan pengeluaran terutama bagi mereka yang memiliki bisnis UKM. Namun jika dipikir lebih lanjut, suatu struktur organisasi UKM akan memiliki manfaat yang sangat penting jika diarahkan dengan baik. Hal ini tentu bergantung pada Anda sebagai pemilik usaha tersebut.

Tugas dan fungsi dari adanya struktur untuk suatu organisasi pada UKM berperan mampu memudahkan jalannya bisnis apabila tujuan dalam berbisnis untuk ke depannya jelas. Inilah beberapa peran penting dengan adanya pengelolaan yang jelas disertai dengan struktur yang jelas pula:

  1. Pengelolaan yang jelas

Struktur organisasi UKM memberikan gambaran betapa mudah bagi Anda yang menginginkan usaha yang dijalankan agar pengelolaan sesuai harapan. Dengan adanya organisasi maka akan mampu melibatkan banyak pihak dalam menyelesaikan berbagai pengelolaan yang bermasalah. Namun Anda juga perlu berhati-hati agar sebaiknya memiliki kebijakan yang sesuai jika Anda sebagai pimpinan, sehingga Anda mampu memberikan contoh pada orang lain dan sebaliknya orang lain akan memiliki rasa hormat terhadap diri Anda sebagai pengelola.

  1. Kerjasama tim

Sudah jelas adanya, dengan adanya organisasi maka kerjasama tim dapat dilakukan. Sebab Anda tidak hanya bekerja sendiri. Hal itu menjadi poin penting apabila terdapat suatu kendala dalam bisnis yang dikelola maka dapat melakukan berbagi pemikiran dan sharing pendapat satu sama lain. Bekerja dengan tim akan memudahkan Anda dalam penyelesaian berbagai permasalahan. Anda juga tidak akan berpikir sendirian saja, karena adanya pemikiran lain dari orang lain yang dapat membantu jalan pikiran yang buntu pada beberapa waktu. Satu hal yang penting lainnya adalah dengan memiliki tim maka diperlukan pula adanya kepercayaan satu sama lain sehingga dapat saling memahami dalam mengelola bisnis.

  1. Efektivitas

Seperti poin sebelumnya, jika memiliki tim maka efektivitas dalam bekerja akan mudah untuk dicapai. Berbeda dengan bekerja hanya sendiri, maka segala macam pekerjaan hanya dilakukan oleh seorang diri. Namun dengan adanya struktur yang jelas maka segala permasalahan yang Anda hadapi dapat dialihkan pada bagian divisi yang sudah jelas tupoksinya. Bahkan poin tambahannya adalah bisa diselesaikan oleh orang yang ahli dibidangnya. Untuk itu dengan memiliki tim dan juga struktur yang jelas mampu meringankan beban Anda dalam mengelola suatu usaha dalam berbisnis terutama dalam menjalankan UKM.

  1. Pencapaian

Jika banyak yang berpikir dengan adanya struktur organisasi UKM menjadikan pengelolaan rumit, maka sebaiknya memiliki pandangan sebaliknya yaitu jika dikelola dengan baik dan dalam organisasi tersebut memiliki tujuan yang sama maka akan mampu dan mudah menuju berbagai pencapaian yang sudah ditentukan sebelumnya. Asalkan hal tersebut dibicarakan dengan baik dan setiap orang yang termasuk dalam organisasi tersebut memahami segala visi dan juga misi yang sudah disepakati sebelumnya.

Demikian beberapa keuntungan dari adanya organisasi dengan struktur yang jelas dalam UKM. Arahan yang baik dalam mengelola usaha dan disesuaikan dengan kemampuan setiap orang dalam bidang masing-masing tentu akan mampu mencapai target dan visi misi yang hendak dicapai. Begitu pula dengan adanya struktur organisasi UKM yang jelas dan mampu membawa kemajuan untuk usaha yang dijalankan.

Leave a Comment