Sore itu tidak seperti biasanya bagi Ulfa Churniawati karena harus merapikan diri agar tampil prima saat berada di depan kamera untuk diwawancarai oleh Salam Radio edisi rabu, 17 Maret 2021 dalam program Pelaku Usaha Bangkit. Tepat pukul 4 sore Bu Ulfa akan mempromosikan sambal racikannya yang diberi nama sambal SIWANG (Terasi Bawang), dan acara yang dipandu oleh host Juliyans tersebut berjalan lancar dan baik.

Sambal SIWANG semula adalah sambal favorit yang bu Ulfa buatkan untuk ketiga anak-anaknya. Sambal SIWANG buatannya dijadikank bekal saat salah satu anaknya yang sedang menuntut ilmu di pondok pesantren. Karena rasanya enak dan sebagai teman untuk lauk pauk, sambal SIWANG awalnya diproduksi dan diedarkan secara terbatas dengan membidik konsumen dari kalangan pertemanan saja.

Bu Ulfa, seorang single parent, kini memproduksi sambal SIWANG sebagai sumber untuk menghidupi ketiga anaknya. Oleh karena itu saat diminta menjadi narasumber Pelaku Usaha Bangkit ia begitu bersemangat.

Bangkit Di Masa Pandemi

Hasil Survei Aktivitas Bisnis UMKM pada kuartal IV-2020 mengindikasikan kegiatan usaha UMKM sedikit menurun dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Hal ini tercermin pada BRI Micro & SME Index (BMSI) yang turun dari 84,2 pada kuartal III menjadi 81,5 di kuartal IV-2020. Penurunan BMSI sejalan dengan penurunan PDB sebesar -0,42% dari kuartal III ke kuartal IV-2020. Penurunan ini disebabkan tiga faktor yaitu faktor dampak pengetatan aktivitas sosial dan mobilitas masyarakat, faktor musiman dan faktor cuaca yang mengganggu produksi UMKM. 

Pelaku UMKM tampaknya lebih yakin perekonomian akan kembali pulih apabila pandemi berhasil dikendalikan. Selain itu, rencana pemerintah yang akan terus membantu pemulihan sektor UMKM melalui kelanjutan PEN 2021 juga menambah keyakinan tersebut.

Program Pelaku Usaha Bangkit yang telah berjalan hampir setahun memang diperuntuk untuk pelaku UMKM sebagai media promo, sinergi, akses informasi dan motivasi ini telah memiliki dampak positif bagi pelaku usaha terutama mengenai adanya peningkatan pemesanan, seperti yang telah dituturkan oleh bu Ulfa pemilik sambal SIWANG asal Yogyakarta yang menyampaikan pesan bahagia melalui whatsapp kepada tim produksi Pelaku Usaha Bangkit “Mas mks ya kmr hbs acara salam radio itu jualan sy jd laris manis pesenan membludak”.


Kerjasama dengan Atma Connect, Program Pelaku Usaha Bangkit ini disiarkan setiap hari senin – jumat pada pukul 16.00-16.40 WIB. Untuk mengakses siaran Salam Radio silahkan klik di sini.   

Semoga kedepan program Pelaku Usaha Bangkit tetap terus memberikan nilai positif bagi perkembangan pelaku UMKM sebagai bentuk ikhtiar bangkit dari keterpurukan akibat peristiwa pandemi. 

Leave a Comment