Kerajinan tangan yang dibuat seseorang pastinya harus selalu kita hargai dan hormati. Tetapi tahukah kalian, dalam skala besar, membuat kerajinan tangan yang unik, cantik, dan ada nilai gunanya dapat menjadi salah satu contoh peluang usaha kecil menengah di bidang kerajinan, lho.

Apalagi kalau Anda berada di Indonesia, yang mempunyai banyak sekali sumber budaya dan bahan untuk membuat kerajinan tangan yang cantik dan unik. Anda pun dapat dengan mudah membuka usaha kecil menengah ini dan dapat membuat banyak keuntungan yang besar. 

CONTOH USAHA KECIL MENENGAH DI BIDANG KERAJINAN 

Di Indonesia, berbagai macam kerajinan tangan dapat mudah untuk dibuat. Anda mungkin menjadi bingung harus membuat kerajinan tangan yang seperti apa, yang pastinya harus menarik perhatian banyak orang dan Anda bisa menggarap keuntungan yang besar. Jika Anda tidak bisa membuat kerajinan tangan sendiri, Anda bisa juga melibatkan atau mempekerjakan orang-orang yang menurut Anda bagus. Otomatis, selain Anda menggarap keuntungan untuk diri sendiri, Anda juga bisa membuka lapangan kerja untuk orang banyak!

Untuk itu, kami sudah mengumpulkan beberapa referensi ataupun contoh  untuk Anda yang ingin membuka usaha kecil menengah di bidang kerajinan.

  1. Manfaatkanlah Lingkungan Sekitar Anda

Alam menjadi salah satu contoh pertama untuk Anda yang ingin membuka usaha kecil menengah di bidang kerajinan. Selain menjadi salah satu sumber kebutuhan kehidupan manusia, alam juga dapat Anda gunakan untuk menjadi bahan kerajinan tangan. 

Seperti contoh, Anda bisa menggunakan pelepah pisang, eceng gondok, dan berbagai macam lainnya. Dengan bahan-bahan ini, Anda bisa membuat tas, dompet, ataupun jenis kerajinan tangan unik lainnya. Rasa unik inilah yang nantinya akan menjadi daya tarik usaha kecil menengah Anda.

  1. Membuat Peluang Usaha Mainan Kayu

Bermain menjadi salah satu aktivitas kesukaan anak-anak. Oleh karena itu, usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar untuk Anda. Banyak orang tua yang pastinya akan membeli mainan baru untuk sang buah hati mereka. Karena selain sebagai alat bermain, ternyata mainan kayu juga bisa menjadi sarana edukatif, lho! Fungsinya agar anak dapat mempelajari keterampilan mereka secara motorik. Dengan begitu, selain berguna untuk kebutuhan orang tua, Anda juga bisa mengambil keuntungannya dari segi ekonomi. Tenang saja, kalau Anda tidak bisa membuat keterampilan kerajinan tangan mainan kayu, Anda bisa mempekerjakan orang yang mempunyai keterampilan tersebut! Lewat sosial media, brosur, majalah, atau sumber media lainnya Anda dapat dengan mudah mencari orang-orang yang mempunyai bakat khusus ini.

  1. Membuka Usaha Kecil Menengah Menjual Boneka

Menjual boneka juga bisa menjadi salah satu andalan Anda untuk membuka toko kerajinan tangan. Zaman sekarang, mungkin sudah banyak orang yang membuka usaha menjual boneka. Tetapi Anda bisa menjual boneka-boneka yang unik dan cantik, sehingga bisa mengalahkan bisnis-bisnis lainnya. Anda bisa buat boneka yang bisa berbicara, boneka yang memiliki rambut lucu, boneka yang penuh dengan warna, boneka yang dapat melahirkan, boneka yang dapat dipelihara, dan masih banyak boneka-boneka lainnya. 

Tips : untuk Anda yang ingin membuka usaha kecil menengah, cobalah buka bisnis yang benar-benar kecil terlebih dahulu dan lihat apakah Anda nyaman dengan bisnis itu. Jika Anda sudah merasa nyaman dan sudah mengenal tentang dunia kerajinan tangan, baru Anda coba buka bisnis-bisnis kerajinan tangan lainnya. 

Itu saja 3 contoh usaha kecil menengah di bidang kerajinan. Semangat ya!

Leave a Comment