UMKM terdiri dari tiga jenis usaha yaitu Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah. Pembeda dari ketiga usaha tersebut adalah jumlah omset yang dihasilkan dan jumlah aset yang dimiliki. Usaha kecil tentunya dapat berkembang ke usaha menengah yang lebih besar. Beberapa pelaku usaha yang telah sukses dapat kita jadikan sebagai referensi serta contoh usaha kecil menengah dan besar yang akan Anda mulai.

Bagi Anda yang akan memulai bisnis dan mungkin masih bingung terhadap bisnis apa yang akan ditekuni. Pada tahap awal, pelaku usaha kecil tentunya perlu memikirkan sebuah ide dan konsep untuk menjalankan bisnis yang akan dibangun. Berikut Ide dan contoh usaha kecil menengah dan besar.

Ide dan Contoh Usaha Kecil Menengah dan Besar

1. Kuliner

Usaha di bidang kuliner masih banyak dilirik dan menjadi primadona para pelaku usaha di Indonesia. Menurut Berkaf, bisnis kuliner menjadi penyumbang produk domestik sebesar 41,40% pada tahun 2016 dan akan meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut semakin membuat usaha di bidang kuliner semakin menjanjikan.

Agar usaha kuliner Anda bertahan di tengah persaingan, sebaiknya usaha anda memiliki fondasi dasar yaitu rasa. Untuk bertahan dan berkembang Anda perlu memikirkan tentang poin-poin pendukung lainnya yakni ciri khas baik dari segi menu makanan serta interior, service, dan juga marketing.  Selain itu, bisnis kuliner semakin berjaya dan semakin dekat dengan konsumen dengan adanya layanan seperti Go Food dan Grab Food.

2. Fashion

Selain kuliner, fashion juga menjadi salah satu primadona pelaku usaha karena pakaian akan selalu dicari oleh pelanggan. Dengan bermodalkan ketertarikan serta passion di dunia fashion, Anda dapat memulai usaha di bidang fashion tanpa ragu. Anda dapat menawarkan pakaian yang Anda desain sendiri dan membuat brand milik Anda. Jika tidak ingin repot, maka anda bisa mendapatkan pakaian dari supplier fashion yang tersedia.

Selain menawarkan produk fashion anda di toko, anda juga dapat memasarkannya melalui ecommerce. Tidak sedikit pelanggan yang membelinya secara Online. Menurut The Jakarta Post, fashion pun menjadi salah satu incaran paling banyak oleh masyarakat ketika berbelanja Online.

3. Furniture

Contoh usaha kecil menengah dan besar bagi Anda yang memiliki modal relatif besar, bisnis furnitur dapat menjadi pilihan. Dikutip dari Detik.com bisnis furnitur dan mebel memberi kontribusi sebesar 16,9% dari keseluruhan total omzet industri e-commerce di tahun 2007.  

4. Penginapan

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tujuan para wisatawan mancanegara untuk berlibur. Berbagai daerah di Indonesia menjadi destinasi wisata sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat juga wisatawan domestik. Melihat fenomena tersebut, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang usaha dengan mendirikan sebuah fasilitas atau jasa penginapan. Bagi Anda yang tinggal atau memiliki lahan di wilayah

5. Jasa Foto dan Video

Masyarakat kini sudah mulai sadar akan pentingnya dokumentasi demi sebuah konten dan sebuah momen, sehingga menyediakan jasa foto dan video merupakan pilihan usaha kecil yang patut diperhitungkan. Beberapa tahun terakhir orang-orang ramai mencari jasa foto dan video untuk mendokumentasikan momen penting contohnya seperti wisuda, pernikahan, photoshoot dan lain-lain. Jika Anda memiliki modal yang lebih, Anda dapat membuat tempat penyewaan kamera dan alat-alat untuk syuting. Meskipun lebih segmented, penyewaan kamera dan alat-alat syuting juga semakin banyak ditemukan. Hal ini terjadi karena karena tidak semua masyarakat memiliki kamera dan alat untuk membuat video dengan kualitas tertentu.

Leave a Comment