UKM menjadi salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Tak sedikit masyarakat yang sukses di dunia usaha. Untuk mengikuti jejak para pelaku usaha yang sukses, ada beberapa jenis usaha kecil menengah yang menjanjikan yang perlu Anda ketahui. Berikut ulasan usaha kecil menengah yang menjanjikan dan patut untuk dicoba.

Jenis-Jenis Usaha Kecil Menengah Yang Menjanjikan

1. Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner

Salah satu tujuan dari usaha di bidang kuliner adalah memenuhi satu dari berbagai kebutuhan pokok manusia yaitu makan. Hal ini tentu saja menjadi salah satu faktor terbesar kesuksesan dari bidang usaha kuliner.

Bidang usaha kuliner ini sangat luas cakupannya sehingga terdapat berbagai jenis yang dapat ditawarkan. Jenis kuliner yang biasanya ditawarkan adalah snacks atau jajanan, minuman dan makanan berat. Usaha di bidang kuliner akan sangat menjanjikan dan dapat memberi keuntungan bagi Anda jika mampu memasarkan dengan baik.

2. Usaha Kecil Menengah Bidang Teknologi Internet

Di era modern seperti sekarang ini, UKM yang menjanjikan terdapat pada bidang teknologi internet. Industri bisnis pun sudah memasuki era industri 4.0 di mana bisnis menyasar ke usaha berbasis teknologi internet. Hal ini disebut dengan istilah “startup”.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis startup, contohnya startup di bidang penyedia jasa Online, e-commerce, aplikasi dan lain-lain. Startup yang cukup populer adalah BukaLapak, Tokopedia, Shopee dan sebagainya.

3. Usaha Kecil Menengah Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan aspek penting bagi setiap penduduk suatu bangsa, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, pendidikan dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang patut untuk dicoba. Usaha kecil menengah bidang pendidikan merupakan penyedia jasa atau lembaga bimbingan pendidikan. Contohnya seperti Neutron, Primagama, Robota Robotics Schools dan lain sebagianya. Bahkan di era ini terdapat pelaku bisnis yang menggabungkan usaha bidang pendidikan dengan usaha bidang teknologi internet, contohnya seperti Ruang Guru dan Zenius.

4. Usaha Kecil Menengah Bidang Fashion

Bisnis di bidang fashion (pakaian) merupakan usaha yang menjanjikan dan memiliki potensi yang tinggi. Sama seperti makanan, pakaian juga menjadi kebutuhan pokok bagi manusia sehingga fashion akan terus dicari dan dibutuhkan.

Terdapat berbagai jenis di bidang fashion, sederhananya fashion akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu pakaian wanita dan pakaian laki-laki. Belum lagi dengan mode atau style pakaian yang dijajakan. Jika Anda tidak dapat menjahit atau mendesain pakaian yang akan dijual, terdapat banyak supplier fashion sehingga Anda tidak perlu repot-repot dan menghabiskan banyak modal.

5. Usaha Kecil Menengah Bidang Otomotif

Jika jalanan di kota Anda mulai macet, maka membuka usaha di bidang otomotif perlu di coba. Artinya, terdapat pertumbuhan otomotif di Indonesia, yakni di mana kendaraan bermotor semakin banyak dan memadati jalanan. Tentunya bisnis ini dapat Anda jalankan untuk jangka panjang sekali pun. Terdapat berbagai jenis usaha di bidang otomotif, contohnya seperti bengkel dan spare part, jasa cuci mobil dan motor dan masih banyak lagi.

6. Usaha Kecil Menengah Bidang Agribisnis

Usaha di Indonesia tidak terlepas dari Agrobisnis. Apa itu agribisnis? Agribisnis merupakan usaha dibidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat mencoba bisnis ini. Hasil dari bisnis ini akan selalu dicari oleh konsumen, sebut saja sayur mayur, daging, susu dan lain sebagainya. Bahkan dengan bisnis ini Anda dapat menjadi supplier bahan baku untuk para pelaku usaha di bidang kuliner.

Leave a Comment