atmago
warga bantu warga

Takut Terkena Virus Corona? Kalian Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Kalian Dengan Tips-Tips ini!

David Khoirul~May 11, 2020 /Corona / Covid-19
alami, beraneka ragam, berbagai macam

Sejak tanggal 2 Maret tahun 2020, sebanyak 339 orang diperiksa dan terdapat 2 diantara mereka yang positif terkena Virus Corona. Hal ini pastinya sangat menggemparkan rakyat Indonesia. Dan membuat harga masker beserta kawan-kawannya naik secara drastis di sosial media maupun di dunia nyata.

Tetapi ternyata, kalian bisa menghindari terkena virus COVID-19 dengan cara menjaga daya tahan tubuh kalian. Bingung gimana caranya menjaga daya tahan tubuh? Yuk, ikuti tips-tips dibawah ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian.

TIPS MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH ANDA

Jadi tips menjaga daya tahan tubuh kita yang pertama adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandungĀ  vitamin A. Peran Vitamin A dalam tubuh kita sangatlah penting. Menurut Kementerian Kesehatan dalam Angka Kecukupan Gizi, kita membutuhkan sebanyak 500 mikrogram untuk wanita dewasa dan laki-laki dewasa.

Vitamin A ini dapat anda temukan secara mudah dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari susu, telur, ikan, wortel, brokoli, ubi jalar, pepaya, melon, organ hati, dan lain sebagainya.

Fungsinya untuk daya tahan tubuh Anda :

Memperkuat sistem imun untuk mencegah anda terkena dari suatu penyakit. Vitamin A ini akan membantu menyerang patogen asing yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Ternyata mencuci tangan ini merupakan salah satu hal utama untuk meminimalisir penyebab virus Corona. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun ataupun cairan berbasis alkohol dapat membantu membunuh kuman ataupun virus yang ada di dalam tangan Anda. Usahakan juga untuk tidak menyentuh muka, mulut, ataupun hidung, karena itu salah satu cara kuman ataupun virus dapat masuk ke dalam tubuh Anda.

Apabila anda terkena batuk ataupun pilek, usahakan untuk selalu menggunakan tisu untuk menutup mulut ataupun hidung Anda agar kuman tidak menempel pada lingkungan dan tidak terkena orang lain.

Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih, yang bertugas melawan penyakit seperti kuman atau virus. Vitamin ini juga dapat membunuh penyakit Tuberculosis, flu, dan dapat mencegah kanker. Juga dikatakan bahwa vitamin C ini dapat membantu pencegahan virus Corona.Tips ini sangat berfungsi untuk kalian yang ingin meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain bisa membantu membunuh virus, Vitamin C juga dapat memperkuat kekebalan sistem imun tubuh Anda.

Ini dia beberapa makanan yang mengandung vitamin C :

  1. Satu Jeruk berukuran medium
  2. Setengah cangkir stroberi merah
  3. Setengah cangkir gelas paprika merah
  4. Bayam
  5. Tomat
  6. Jambu biji
  7. Kentang
  8. Dan masih banyak lainnya

Menurut Harvard Health, salah satu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita adalah dengan tidur. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh kita menghasilkan sel saat kita sedang tertidur, itulah mengapa Anda sebaiknya mempunyai 7-8 jam waktu tidur. Dan saat tertidur, sel kulit akan lebih banyak beregenerasi dan terhidrasi. Ini merupakan salah satu garis pertahanan pertama tubuh Anda.

Banyak penelitian juga mengatakan bahwa tidak cukup tidur selama satu malam dapat membuat kekebalan tubuh berkurang sekitar 70 persen.

Selain mengkonsumsi banyak Vitamin A, Vitamin C, dan makanan sehat lainnya, jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi banyak air putih ke dalam tubuh Anda.

Jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan ,karena akan membuat tubuh anda menjadi dehidrasi. Ideal untuk minum air putih dalam sehari adalah delapan gelas ya, jadi jangan terlalu kebanyakan juga. Kurangi juga minuman yang mengandung gula, bersoda, yang memiliki pewarna tambahan, ataupun pemanis buatan, karena akan membuat perut Anda menjadi kembung.

Kalau Anda sudah berhasil menjaga kesehatan fisik tubuh anda, jangan lupa juga untuk merawat kesehatan mental.

Kesehatan mental Anda juga sangat penting agar imunitas tubuh Anda tetap kuat dan terhindar dari penyakit.

Lakukan hal-hal yang membuatmu terhindar dari pikiran negatif, seperti menonton TV, bermain musik, atau menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kamu sayang.

Jika tidak ada yang berhasil, kunjungilah psikologis online yang sekarang sudah marak di sosial media supaya anda tidak perlu keluar rumah dan  bisa terhindar dari virus Corona.

Setiap hari mencoba untuk berolahraga setidaknya 30 menit. Hal ini bisa berdampak cukup besar untuk kekebalan imunitas tubuh Anda dan juga bisa membuat Anda terhindar dari stress. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu menjaga tekanan darah, berat badan, dan kesehatan jantung.

Zaman sekarang banyak olahraga yang bisa Anda lakukan dirumah. Salah satu contohnya menonton video zumba dari Youtube, lunges, jumping jack, yoga, dan bahkan naik turun tangga juga termasuk berolahraga lho!

Itu dia berbagai cara untuk mempertahankan daya tubuh Anda supaya bisa terhindar dari berbagai kuman ataupun virus di lingkungan. Semoga dapat bermanfaat ya untuk Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *