atmago
warga bantu warga

Pemanfaatan Media Radio Warga Bantu Warga dalam Membantu Pelaku Usaha Kecil Menghadapi Masa Pandemi

David Khoirul~November 10, 2020 /Kesenjangan Sosial
Grayscale Photo Of Vintage Radio Beside Stove With Cooking Pot

Salam Radio adalah radio streaming mengudara pertama kali tanggal 1 April 2020 bersamaan dengan terjadinya pandemik Covid-19 yang secara konsepsional dirancang sebagai salah satu media publikasi yang melaksanakan pengarusutamaan informasi seputar masalah pandemik virus corona yang menggejala di seluruh dunia. Selain memberi informasi-informasi penting tentang penular wabah dan dampaknya, adalah juga melakukan proses edukasi bagi masyarakat pendengarnya agar cerdas dan berwawasan dalam menghadapi situasi yang tengah terjadi sehingga masyarakat tercerahkan.

Sajian informasi tentang perkembangan Covid-19 secara berkala setiap harinya dengan menyampaikan perkembangan mutakhirnya yang diperoleh dari sumber informasi resmi Pemerintah Republik Indonesia — dalam hal ini Gugus Tugas Penanganan Covid-19, memberikan pemahaman-pemahaman dalam penyikapan tingkah laku masyarakat yang seharusnya dilakukan secara tepat, sekaligus melakukan counter issue terhadap berita- berita yang dapat menyesatkan (berita hoaks) dan informasi-informasi yang dapat meresahkan atau membingungkan publik, utamanya yang beredar di media-media sosial.

image1.png

Disamping itu program siaran secara linear memberikan solusi atas dampak pandemi covid-19 seperti menurunnya daya beli masyarakat, pemutusan hubungan kerja, merosotnya UMKM serta masalah sosial lainnya. Melalui siaran radio — yang mengudara sejak pagi hingga malam hari — kiranya masyarakat dapat tercerahkan dan untuk kemudian ikut mendukung dan mematuhi dan menjadi garda terdepan bersama pemerintah untuk menghentikan sebaran virus Sars Cov-2..

Program Pelaku Usaha Bangkit Warga Bantu Warga 

Upaya yang paling efektif mengatasi sebaran virus sars cov-2 adalah dengan membatasi pergerakan aktivitas manusia. Sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar pastinya membawa dampak terutama di sektor ekonomi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengalami jungkir balik terutama di sektor kuliner, jasa pariwisata, maupun perdagangan karena menurunnya daya beli.Perlu adaptasi setidaknya mengubah penjualan yang langsung bertemu dengan konsumen menjadi secara daring, dengan begitu pelaku usaha masih dapat berjualan atau melakukan transaksi bisnisnya.

Salam Radio melalui Program Warga Bantu Warga Pelaku Usaha Bangkit berikhtiar menawarkan solusi dengan memberikan ruang/slot yang diperuntukan para pelaku usaha UMKM untuk mempromosikan kegiatan usaha. Program Warga Bantu Warga Pelaku Usaha Bangkit dimulai sejak awal bulai mei 2020 dengan waktu siar pukul 07.00 – 08.00 WIB melalui platform radio streaming.dan podcast. Acara ini mendapat dukungan dari Atma Connect sebuah organisasi nirlaba berbasis di California USA yang mengembangkan produk digital untuk pengembangan masyarakat di tingkat lokal 

Sejalan waktu program ini sangat direspon positif oleh pelaku usaha, maka untuk meningkatkan mutu tayangan program Pelaku Usaha Bangkit yang semula hanya audio sejak bulan Agustus tayangannya sudah audio visual dengan menggunakan platform youtube dan facebook. Dengan begitu para pelaku usaha dapat menyajikan produk yang bisa dilihat secara visual.

Ada 5 benefit yang didapatkan oleh pelaku usaha ketika mengikuti program pelaku usaha bangkit. Pertama, promo, pelaku usaha dapat menginformasikan kepada publik tentang produk termasuk akses komunikasi dan marketplace. Kedua, reseller, selain promo pelaku usaha dapat memperluas jaringan melalui reseller sebagai bentuk ekspansi pasar dalam meningkatkan omzet penjualan melalui kemitraan dengan pihak ketiga. Ketiga, net working, pelaku usaha saling bersinergi dan berkolaborasi dengan begitu sesama pelaku antar usaha saling berbagi untuk tumbuh secara bersama. Keempat, suggest, pelaku usaha lebih percaya diri dan menguatkan keyakinannya bahwa seberat apapun masalah usaha terutama akibat adanya pandemi bisa dilalui dengan optimisme. Kelima, Spirit, program usaha bangkit yang tayang dari hari senin – jumat dapat mendistraksi kepada khalayak bahwa tontonan atau tayangan yang dituturkan oleh para pelaku usaha dapat menjadi inspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *