atmago
warga bantu warga

Mulai Langka, Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

David Khoirul~May 11, 2020

Sejak dilaporkannya kasus pertama Virus Corona COVID-19 di Indonesia, masyarakat mulai menjadi panik. Karena khawatir virus tersebut akan menyebar dengan cepat, masyarakat mulai menyiapkan persediaan masker, hand sanitizer, bahkan hingga memborong persediaan pangan, khawatir mereka tidak sempat membelinya karena aktivitas di luar yang akan dibatasi. Akibatnya, persediaan masker dan hand sanitizer pun menjadi langka. Beberapa apotek sudah kehabisan stok hand sanitizer.

Tapi, tidak perlu khawatir. Jika Anda juga kehabisan stok hand sanitizer di rumah, Anda dapat membuat sendiri hand sanitizer dengan cara yang mudah. Mari kita simak cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah.

Cara Membuat Hand Sanitizer

Sebenarnya daripada menggunakan hand sanitizer, mencuci tangan adalah hal yang lebih tepat untuk mencegah Virus Corona. Namun mungkin Anda menggunakan hand sanitizer sebagai upaya untuk mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di tangan, maka ketika hand sanitizer Anda habis, tentu Anda akan kebingungan.

Membuat Hand Sanitizer sesuai Standar WHO

World Health Organization atau WHO memiliki panduan tersendiri mengenai proses pembuatan homemade hand sanitizer ini. Dengan menggunakan bahan kimia seperti air steril atau aquadest, hidrogen peroksida 3%, gliserol 98%, dan etanol 96%. Untuk alat-alatnya, Anda bisa menggunakan becker glass, botol kaca, gelas ukur, dan batang pengaduk.

Untuk langkah-langkah pembuatannya, yang pertama, masukkan 833 ml etanol 96% ke dalam gelas ukur berukuran 1000ml. Selanjutnya, Anda tambahkan 41,7 ml hidrogen peroksida 3% ke dalam gelas ukur yang telah terisi etanol tadi.

Langkah selanjutnya, tambahkan 14,5 ml gliserol 98% menggunakan gelas ukur dan Anda pastikan sisa gliserol tidak tertinggal, dengan cara membilasnya dengan air. Tambahkan air hingga 1000 ml, kemudian silakan Anda aduk hingga homogen.

Kemudian, pindahkan campuran tadi ke dalam botol kaca bersih. Simpan terlebih dahulu cairan tersebut selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi organisme dari wadah botol.

Dan, hand sanitizer pun telah siap Anda gunakan.

Membuat Hand Sanitizer dengan Alkohol dan Gel Aloe vera

Cara yang satu ini merupakan cara yang cukup terkenal di sosial media, karena cara pembuatannya yang mudah, dan hanya membutuhkan 2 bahan saja, yakni alkohol 70% dan gel aloe vera.

Jika Anda tertarik menggunakan cara ini, perlu Anda perhatikan bahwa kadar alkohol yang harus Anda gunakan adalah 70% ke atas, karena apabila kadar alkohol yang Anda gunakan berada di bawah 70%, maka hand sanitizer Anda tidak dapat bekerja secara efektif.

Bagaimana fungsi alkohol dan gel aloe vera sebagai bahan dari homemade hand sanitizer? Alkohol sendiri digunakan sebagai antiseptik penghilang kuman. Sedangkan gel aloe vera berguna untuk melembabkan kulit, sehingga tidak terjadi iritasi pada kulit ketika Anda menggunakan hand sanitizer ini.

Sebelum memulai membuat hand sanitizer, persiapkan dulu bahan-bahan dan alat-alatnya. Bahan-bahannya adalah alkohol 70% (kadar bisa di atasnya) dan gel aloe vera, atau Anda juga bisa menggunakan tanaman aloe vera asli. Sedangkan alat-alat yang Anda butuhkan adalah gelas atau wadah yang memiliki pengukur, pengaduk, dan botol spray sebagai wadah hand sanitizer Anda nanti.

Jika Anda ingin hand sanitizer buatan Anda memiliki kewangian yang khas, Anda bisa menambahkan essential oil pada campuran alkohol dan gel aloe vera nanti.

Nah, lanjut ke cara pembuatan, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan alkohol 70% (atau kadar lebih di atasnya) ke wadah yang dilengkapi dengan pengukur tadi. Ingat, perbandingan antara alkohol dan gel aloe vera adalah 3 : 1.

Jadi, apabila Anda hendak menggunakan takaran alkohol sebanyak 150 ml, maka Anda membutuhkan 50 ml gel aloe vera.

Setelah Anda menuang alkohol tadi, silakan Anda tambahkan gel aloe vera dengan takaran yang pas dengan perbandingan tadi. Setelah itu, Anda bisa mengaduknya selama 15 sampai 20 menit agar campuran tadi dapat tercampur dengan rata.

Setelah Anda aduk hingga rata, tambahkan essential oil sebanyak 2 tetes, kemudian aduk perlahan. Setelah tercampur rata, barulah Anda tuang campuran tadi ke botol spray. Hand sanitizer pun telah siap Anda gunakan.

Karena cara ini sangat gampang diikuti dan bahannya dapat dengan mudah didapatkan, banyak orang yang menerapkan cara membuat hand sanitizer sendiri yang mudah ini.

Namun, banyak juga orang yang memilih untuk tidak mengikuti cara ini, karena menganggap bahwa setelah alkohol 70% tadi dicampur dengan gel aloe vera, kadar alkoholnya menjadi berkurang. Padahal, kadar alkohol yang diperlukan pada hand sanitizer setidaknya memiliki kadar 60%. Karena itu, banyak orang yang meragukan keefektifan homemade hand sanitizer ini.

Nah, begitulah cara membuat hand sanitizer sendiri yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Bahan-bahan yang Anda butuhkan bisa Anda dapatkan di toko bahan-bahan kimia atau bisa juga Anda temukan dengan mudah di apotek.

Anda bisa menggunakan cara membuat hand sanitizer sendiri yang telah mengikuti standar WHO di penjelasan di atas, dengan menggunakan bahan-bahan seperti air steril atau aquadest, hidrogen peroksida, gliserol, dan etanol.

Sedangkan untuk cara yang lebih mudah lagi, Anda dapat mencampurkan alkohol 70% (atau dengan kadar lebih tinggi) dengan gel aloe vera. Cara yang ini sangat banyak diterapkan oleh orang-orang dan ramai diperbincangkan di sosial media, namun keefektifan dari homemade hand sanitizer yang satu ini masih belum terbukti uji klinis. Jadi, silakan mencoba!

[BONUS] Cara Membuat Disinfektan Sendiri di Rumah

Cairan disinfektan yang dapat membunuh kuman, menjadi senjata yang baik untuk memerangi penyebaran Virus Corona. Beberapa wilayah di Indonesia telah menyemprotkan cairan disinfektan secara massal ke sejumlah tempat-tempat publik yang biasanya dikunjungi banyak orang. Hal ini berguna untuk mencegah menempelnya  Virus Corona, hingga mengakibatkan infeksi COVID-19 yang dapat berakibat fatal.

Nah, cairan disinfektan ini dapat Anda manfaatkan juga untuk melindungi rumah Anda dari paparan Virus Corona. Dan apabila ada saudara Anda yang terpaksa berpergian di dalam negeri, maka ketika kembali, Anda bisa menyemprotkan cairan disinfektan ini untuk berjaga-jaga ada virus yang menempel pada tubuhnya. Namun sekali lagi kami peringatkan, sebaiknya Anda tidak berpergian dulu ke luar maupun dalam negeri. Cukup #dirumahaja.

Lalu, bagaimana cara membuat cairan disinfektan ini?

Langkah pertama, siapkan botol spray kosong dan bersih, 95 ml cairan pemutih pakaian, dan 905 ml air.

Apabila bahan dan alat tersebut telah disiapkan, maka selanjutnya silakan Anda campurkan cairan pemutih pakaian tadi dengan air ke dalam botol spray. Aduk perlahan hingga merata, dan cairan disinfektan homemade telah siap Anda gunakan.

Begitulah cara membuat hand sanitizer dan cairan disinfektan (bonus) untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah. Tapi jangan lupa untuk mencuci tangan Anda selalu secara rutin menggunakan sabun dan air mengalir, karena cara ini adalah cara yang terbaik untuk mencegah paparan Virus Corona.

Stay safe, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *