atmago
warga bantu warga

Inilah 4 Hal yang Harus Ada dalam Laporan Keuangan UKM Sederhana

shifa~July 7, 2020 /UMKM

Suatu usaha baik yang besar maupun kecil tidak akan terlepas dari adanya laporang mengenai keuangan. Tidak terkecuali juga untuk laporan keuangan UKM. Karena dengan adanya laporan keuangan maka akan jelas segala macam pengeluaran dan pemasukan. Dengan demikian pengelolanya akan mudah untuk menentukan untung dan rugi. Jika suatu bisnis tidak memiliki laporan keuangan maka besar kemungkinan memiliki pengelolaan yang buruk dan pastinya akan merugi jika pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Hal itu tidak pandang bulu, baik untuk bisnis yang sedang berkembang maupun bagi bisnis yang sudah maju.

Untuk Anda yang saat ini sedang menjalankan suatu usaha berupa UKM, maka penting bagi Anda mengenal berbagai hal yang harus ada dalam sebuah laporan keuangan UKM. Inilah beberapa hal tersebut:

  1. Buku yang berfungsi sebagai arus kas

Segala macam bentuk pengeluaran secara nyata ada dalam arus kas. Ini menjadi bagian penting yang harus ada dalam suatu laporan keuangan, sehingga segala investasi dan pendanaan akan tergambar dengan jelas. Bahkan segala kebutuhan baik untuk jangka pendek maupun panjang akan terlihat dan bisa menjadi bahan evaluasi ke depan untuk bisnis Anda. Sebaiknya Anda melakukan pembukuan kas secara berkala setiap periode agar mudah untuk mengembangkan hal apa saja yang menjadi kekurangan dalam Anda berbisnis.

  1. Buku biaya dan persediaan barang

Pentingnya biaya dalam pengeluaran apapun untuk dicatat dalam laporan keuangan UKM mampu membuat Anda menghitung untung rugi nantinya. Sebab dari adanya catatan yang jelas mengenai biaya apapun, seperti pengeluaran biaya listrik, tagihan telpon, gaji karyawan, hingga sewa tempat atau pajak akan mempermudah Anda dalam mencari peluang untung ke depan. Selain besaran biaya, hal lainnya yang berkaitan pula salah satunya pengeluaran dari segi persediaan barang setiap periodenya. Penting bagi Anda untuk memisahkan setiap pengeluaran bagi barang tertentu agar pencatatannya mudah.

  1. Buku pembelian dan penjualan

Dalam bisnis apapun segala bentuk pembelian dan penjualan menjadi sangat penting untuk dicatat dalam sebuah laporan. Karena jika tidak ada catatan apapun maka Anda tidak akan mengetahui laba yang diperoleh dari setiap penjualan, dan tidak akan mengetahui selisih yang didapatkan dari harga pembelian. Dengan demikian pastikan Anda mencatat segala macam pembelian dan penjualan dari bisnis yang sedang Anda lakukan. Gunakan pencatatan yang terstruktur dan juga rapi sehingga dalam mengeceknya pada akhirnya periode mudah untuk mempertimbangkan untung dan rugi, serta pastikan tidak ada satupun yang Anda lewatkan. Inilah pentingnya secara rinci setiap pembelian dan juga penjualan dicatat dengan baik.

  1. Buku utang dan piutang

Agar tidak mengalami kerugian dalam pengelolaan suatu bisnis, maka hal selanjutnya yang harus ada dalam laporan keuangan adalah buku utang dan piutang. Pastikan Anda mencatatnya dengan baik agar mampu memonitor segala pengeluaran dan pemasukan dengan baik pula. Hal ini juga untuk tidak menghindari kebiasaan dari utang yang dibiarkan.

Apabila beberapa hal tersebut sudah Anda perhatian pada laporan keuangan UKM yang Anda miliki, maka Anda tidak perlu khawatir lagi sebab beragam hal sudah Anda pertimbangkan dengan baik dalam membuat laporan. Dengan demikian Anda mampu mengontrol dengan baik apa saja yang menjadi keuntungan dan juga kekurangan dalam usaha yang sedang Anda kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *