Sebagai salah satu permasalahan klasik, banyak para ahli di bidang ekonomi yang mencoba mendefinisikan kemiskinan dan mencari solusi mengenai bagaimana mengatasi kemiskinan tersebut. Salah satu jenis kemiskinan yang ada adalah kemiskinan struktural. Hampir semua negara mengalami dan menghadapi permasalahan kemiskinan di dalam masyarakatnya. Masyarakat dunia berkembang dari masyarakat sebelumnya. Perkembangan ini membawa perubahan pada kemajuan ekonomi. Faktanya, semakin maju perekonomian masyarakat, kemiskinan masih terus ada. Definisi kemiskinan akan snagat tergantung dengan kondisi perekonomian dan taraf hidup masyarakat di suatu wilayah.

Apa itu Kemiskinan Struktural

Salah satu jenis kemiskinan yang ada di dalam masyarakat adalah kemiskinan struktural. Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang dialami oleh suatu keluarga yang diakibatkan oleh kebijakan yang diambil dan diterapkan oleh pemerintah kepada penduduknya. Biasanya, kemiskinan struktural terjadi ketika pemerintah menerapkan suatu kebijakan yang dipertimbangkan memiliki dampak negatif yang kecil bagi perekonomian makro sehingga kebijakan struktural diambil guna meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh kebijakan lain. 

Selain itu, kemiskinan struktural juga menandakan bobroknya kinerja pemerintah akibat ketidakmampuan mengurus negara, korupsi yang merajalela, tindakan kolusi dan nepotisme yang dianggap sebagai hal yang lumrah sehingga sumber daya alam yang melimpah di suatu wilayah tidak dapat dikelola dengan baik karena para politisinya sibuk memperkaya diri sendiri dengan berbagai kebijakan yang mereka ciptakan dan implementasikan. 

Konsep kemiskinan struktural menggunakan definisi dari seorang ahli yang bernama Johan Galtung. Ia membuat definisi mengenai kemiskinan struktural, yaitu ketika orang yang berasal dari luar suatu wilayah mengatur dan membuat kebijakan tentang perekonomian di suatu wilayah. Orang dari luar tersebut memiliki kekuatan berupa ekonomi yang mapan dan politik sehingga orang dari luar tersebut dapat membuat peraturan yang berimbas pada penduduk suatu wilayah. 

Salah satu contoh kebijakan pemerintah yang menyebabkan kemiskinan struktural adalah mengenai kenaikan harga BBM akibat subsidi yang dicabut oleh pemerintah. Dalam hal tersebut, rakyat dengan perekonomian menengah ke bawah tidak lagi bisa menikmati potongan harga yang didapatkan ketika membeli BBM akibat subsidi yang dicabut oleh pemerintah. Pencabutan tersebut terpaksa dilakukan oleh pemerintah guna memperkecil penggunaan dana APBN sehingga harga BBM menjadi naik. Kenaikan harga BBM yang diakibatkan oleh kebijakan pemerintah dengan mencabut subsidi BBM mengakibatkan masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah mengalami kesulitan finansial dalam membeli BBM tersebut. Uang yang dipersiapkan oleh keluarga tersebut yang seharusnya bisa digunakan untuk membeli

Leave a Comment