Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana seseorang atau sekelompok golongan hidup mempunyai kesulitan segi ekonomi, dan tidak bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadinya ataupun kebutuhan rumah tangganya. 

Tetapi ternyata kemiskinan juga mempunyai ikatan erat dengan dimensi lain kehidupan manusia, misalnya kesehatan, pendidikan, peranan sosial, dan juga jaminan masa depan. Dan ternyata penyebab kemiskinan banyak lho, salah satunya adalah kemiskinan natural. Tidak tahu apa arti kemiskinan natural? Yuk, ikuti terus artikel dibawah ini!

APA SEBENARNYA PENYEBAB KEMISKINAN?

Menurut Kartasasmita, penyebab kemiskinan ada 3 :

  1. Kemiskinan Natural

Sama seperti namanya, definisi tentang kemiskinan natural adalah seseorang atau sekelompok golongan dengan keadaan miskin karena dari awalnya sudah miskin. Kelompok masyarakat kemiskinan natural ini mempunyai sumber daya alam yang tidak memadai, baik dari segi sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun sumber daya pembangunan. Dan kalaupun mereka ikut sumber daya pembangunan, imbalan yang diterima pun rendah dan tetap tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Kemiskinan Struktural

Yang satu ini mempunyai arti kemiskinan, baik yang relatif maupun yang absolut, disebabkan oleh perbedaan struktur masyarakat yang ikut serta dalam proses pembangunan yang masih tertinggal. Atau kalian bisa menyebutnya sebagai kemiskinan yang disebabkan karena hasil pembangunan negara yang belum merata ataupun maksimal di beberapa daerah.

  1. Kemiskinan Kultural

Kemiskinan yang satu ini terjadi karena sikap seseorang atau suatu golongan yang gaya hidupnya, kebiasaan hidupnya, dan budidaya merasa kalau mereka sudah berkekurangan. Tipe kelompok masyarakat ini tidak mudah untuk diajak berpartisipasi dalam pemerataan pembangunan, tidak mau melakukan perubahan yang signifikan besar, menolak adanya perkembangan, dan yang lebih parahnya lagi tidak mau memperbaiki atau mengembangkan tingkat kehidupannya sehingga pendapatan mereka rendah menurut ukuran yang umum dipakai.

PENYEBAB LAIN YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KEMISKINAN

  1. Terbatasnya sarana atau prasarana, sehingga belum semua orang mendapatkan hak yang sama.
  1. Gagal kepemilikan, contoh dalam hal kepemilikan tanah ataupun modal.
  1. Kebijakan pembangunan yang masih belum merata di perkotaan maupun di pedesaan.
  1. Masih ada senjang perbedaan kesempatan di antara masyarakat dan adanya sistem yang kurang mendukung.
  1. Kegiatan atau produktivitas rendah dan masih ada tingkat pembentukan modal dalam masyarakat.
  1. Perbedaan sumber daya manusia dan perbedaan antara sektor perekonomian.
  1. Masih kuatnya budaya hidup seseorang atau suatu golongan hidup yang kemudian dikaitkan dengan kemampuan seseorang mengelola sumber daya alam dan lingkungannya.
  1. Pengelolaan sumber daya alam yang kurang terkendali (berlebihan) dan tidak mementingkan lingkungan.
  1.  Keterbatasan pendapat, sarana, dan modal untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka.
  1. Ada sekelompok orang atau golongan tertentu yang rentang dan belum siap menghadapi berbagai guncangan, seperti krisis ekonomi, hilang pekerjaan, gagal panen akibat musim tak menentu, musibah, dan juga bencana alam.
  1. Tidak mempunyai suara yang mewakili mereka. 
  • Tidak ada kepastian hukum
  • Aparat yang terlalu berwenang-wenang
  • Belum ada perlindungan dari kejahatan
  • Intimidasi, ancaman dari luar maupun dari dalam
  • Posisi tawar masyarakat miskin yang rendah

EFEK KEMISKINAN DENGAN ANGKA TINGGI

  1. Meningkatnya kejahatan
  • Banyak orang yang membutuhkan uang tetapi tidak bisa akan menimbulkan rasa jahat dan dengki di dalam hati mereka. Pencurian pun merupakan salah satu kejahatan yang akan meningkat jika angka kemiskinan tinggi di suatu negara.
  1. Pengangguran
  • Berkurangnya lapangan kerja dan meningkatnya kemiskinan, tentu saja membuat banyak orang menjadi pengangguran. Terlebih lagi, daerah ibukota yang padat membuat orang-orang susah mencari pekerjaan yang layak.
  1. Prostitusi dan Perdagangan Manusia
  • Ini merupakan salah satu akibat yang paling parah dibanding kedua diatas. Orang-orang yang sangat membutuhkan uang akan mengambil jalan yang salah, menuju perdagangan manusia ataupun prostitusi yang awam terjadi kepada banyak perempuan kaum bawah.

Itu saja berbagai dimensi tentang kemiskinan dan beberapa penyebabnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk kalian. 

Leave a Comment