ARTI KEMISKINAN MENURUT PARA AHLI

Arti kemiskinan secara umum adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu secara ekonomi untuk memenuhi standar kehidupan rata-rata masyarakat pada umumnya. Tanda seseorang sedang mengalami kemiskinan adalah tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok baik berupa pangan, sandang, ataupun papan. Pendapatan ini juga dapat mempengaruhi standar kesehatan dan standar pendidikan masyarakat. Tetapi apa sih arti kemiskinan menurut para ahli?

ARTI KEMISKINAN MENURUT PARA AHLI

  1. Gillin dan Gillin

Arti kemiskinan menurut para ahli, yang pertama ini adalah suatu kondisi ketika seseorang tidak dapat mempertahankan skala hidup yang tinggi untuk memberikan efisiensi secara fisik dan mental, berfungsi untuk memungkinkan dia ataupun keluarganya menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dan sesuai dengan standar masyarakat baik karena pendapatan yang tidak memadai ataupun pengeluaran yang tidak bijaksana.

  1. Suparlan

Kemiskinan adalah standar tingkat hidup yang rendah karena adanya kekurangan materi pada sejumlah ataupun golongan orang, dibandingkan dengan standar kehidupan umum yang berlaku di masyarakat.

  1. Syaifuddin

Menurut Syaifuddin, ada dua cara pembagian cara berpikir mengenai kemiskinan, yaitu secara gejala absolut maupun gejala relatif. Cara berpikir mengenai kemiskinan sebagai gejala absolut adalah memandang kemiskinan sebagai kondisi serba kekurangan materi, hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki sarana untuk mendukung kehidupan sendiri. Cara pandang ini terdiri dari dua cara pandang, yaitu cara pandang kebudayaan dan cara pandang struktural.

  1. Hall dan Midgley

Kemiskinan merupakan kondisi deprivasi materi dan sosial. Hal ini menyebabkan individu hidup dibawah standar kehidupan umum atau yang layak, tetapi bisa juga diartikan sebagai kondisi dimana individu mengalami deprivasi relatif dibandingkan dengan individu lainnya di masyarakat.

  1. Levitan

Kemiskinan adalah kurangnya barang dan pelayanan yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai standar hidup yang layak.

  1. Faturachman dan Marcelinus Molo

Kemiskinan diartikan sebagai ketidakmampuan seseorang atau beberapa orang (keluarga atau rumah tangga) untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

  1. Friedman

Menurut Friedman, kemiskinan adalah ketidaksamaan kesempatan untuk memformulasikan kekuasaan sosial berupa sumber keuangan, barang atau jasa, jaringan sosial, organisasi sosial politik, aset, informasi, dan pengetahuan serta keterampilan.

  1. Ellis

Kemiskinan diartikan sebagai sebuah gejala multidimensional yang bisa dikaji melalui dimensi ekonomi dan sosial politik.

  1. Suparlan

Menurut Suparlan, arti dar kemiskinan adalah seseorang atau sekelompok hidup yang memiliki standar tingkat hidup yang rendah karena kekurangan materi bila dibandingkan dengan standar kehidupan yang berlaku di masyarakat sekitarnya.

  1.  Bappenas

Kemiskinan adalah situasi dimana seseorang atau sekelompok orang yang mengalami situasi serba kekurangan karena keadaan yang tidak dapat dihindari dengan kekuatan yang dimilikinya.

  1. Reitsma dan Kleinpenning

Menurut Reitsma dan Kleinpenning, kemiskinan dapat diartikan dengan ketidakmampuan individu atau sekelompok golongan individu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya, baik secara material maupun secara non-material.

  1. Soerjono Soekanto

Kemiskinan dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan tarif kehidupan kelompok dan tidak mampu memanfaatkan tenaga fisik, maupun mentalnya dalam kelompok tersebut. 

  1. Ragnar Nurske

Menurut Ragnar Nurske, arti dari kemiskinan adalah hal yang sering menjadi masalah di berbagai negara atau daerah berkembang. Hal ini diakibatkan oleh kapasitas yang kecil dalam tabungan menyebabkan income riil yang rendah, dimana kalau income riil rendah maka menunjukkan produktivitas yang rendah juga. Jika terjadi terus menerus, hal ini akan berputar dan menjadikan kapital  menjadi berkurang. 

Kekurangan inilah yang menyebabkan tingkat kapasitas tabungan yang kecil. Kalau riil income rendah, mendefinisikan produktivitas yang rendah Uni Eropa umumnya mendefinisikan penduduk miskin adalah mereka yang mendapatkan pendapatan dibawah 50 persen dibanding median (rata-rata) pendapatan. Ketika rata-rata pendapatan meningkat, maka garis kemiskinan relatif juga akan meningkat.

Leave a Comment