atmago
warga bantu warga

Inilah 4 Bencana Alam Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi

shifa~July 15, 2020 /Bencana Alam

Bencana alam memang tidak bisa kita hindari dan sulit untuk memperkirakannya. Bencana alam sering dianggap sebagai suatu musibah karena datangnya yang secara tiba-tiba dan merugikan bagi banyak orang, bahkan hingga merenggut nyawa kita.

Bencana alam yang sering kita dengar adalah gempa bumi, tsunami, angin topan, hingga kebakaran hutan. Di Indonesia sendiri setiap tahunnya terjadi bencana alam yang datangnya secara tiba-tiba, maupun berdasarkan musim yang sedang terjadi di Indonesia.

Salah satu fenomena bencana alam di Indonesia yang besar adalah meletusnya Gunung Krakatau. Gunung Krakatau ini meletus pada beberapa tahun silam, dengan letusan yang dahsyat hingga menggemparkan dunia. Bahkan letusannya menjadi salah satu letusan gunung berapi paling dahsyat di dunia.

Lantas, apa saja bencana alam paling mengerikan yang pernah terjadi? Berikut 4 bencana alam pali mengerikan yang pernah terjadi.

4 Bencana Alam yang Paling Mengerikan yang Pernah Terjadi

  1. Gempa Bumi di Aleppo (1138)

Gempa bumi ini terjadi pada 11 Oktober 1138, yang mana tanah di bawah Kota Suriah mulai berguncang. Kota Suriah ini karena terletak di pertemuan antara lempeng Arab dan Afrika, menjadikannya rentan terhadap gempa bumi. Namun gempa bumi kali ini memiliki getaran yang sangat dahsyat. Kerusakan yang dialami adalah bentang kota mengalami keruntuhan dan rumah-rumah hancur di Aleppo.

Bahkan gempa bumi dahsyat ini memakan korban jiwa sebanyak sekitar 230.000, namun perkiraan ini berasal dari abad ke-15, yang mana mungkin sejarawan itu telah mengaitkan gempa di Aleppo dengan sebuah bencana alam gempa bumi di Georgia, menurut sebuah makalah tahun 2004 yang diterbitkan di Annals of Geophysics.

  1. Gempa Bumi di Haiti (2010)

Pada 12 Januari 2010, sebuah gempa bumi berkekuatan 7,0 SR terjadi di Haiti dan menewaskan sekitar 230.000 orang. Namun, pada Januari tahun 2011, angka tersebut direvisi oleh pejabat menjadi 316.000 orang, meski angka ini dinilai sangat kontroversial.

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2010, menyebutkan bahwa korban jiwa gempa bumi di Haiti ini adalah sekitar 160.000 orang. Bahkan dalam sebuah laporan yang pernah dirilis, mengklaim angka yang lebih rendah, yakni antara 46.000 dan 85.000 orang saja.

  1. Tsunami dan Gempa di Samudra Hindia (2004)

Pada 26 Desember 2004, sebuah gempa berkekuatan 9,3 SR menyerang bawah laut di lepas pantai barat Sumatra. Gempa ini kemudian menciptakan gelombang tsunami dahsyat yang menewaskan ratusan ribu orang di 14 negara yang terpisah.

Korban meninggal diperkirakan secara keseluruhan berjumlah 230.000 hingga 280.000 orang. Di beberapa daerah, terutama di Indonesia yang paling parah, gelombang tsunami ini mencapai ketinggian 98 kaki (30 meter).

Pada gempa bumi dan tsunami dahsyat ini Indonesia menjadi negara dengan jumlah korban tewas terbanyak di antara 14 negara tersebut. Menurut data resmi pemerintah, sebanyak 126.473 orang dinyatakan tewas dengan jumlah orang hilang mencapai 93.943 orang.

  1. Gempa Bumi di Haiyuan (1920)

Bencana alam ini terjadi pada 16 Desember 1920, menghantam Haiyuan di China bagian tengah. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010, sebanyak 273.400 orang telah dilaporkan tewas. Sebagian besar dari korban tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi.

Menurut Survei Geologi AS, gempa tersebut berkekuatan 7,8 SR dan dapat dirasakan sepanjang jalan dari Laut Kuning ke Provinsi Qinghai di dataran tinggi Tibet. Ditunjukkan bahwa gempa ini telah mengakibatkan kehancuran empat kota dan mengubur beberapa desa.

Itulah 4 bencana alam paling mengerikan yang pernah terjadi. Bencana alam yang dahsyat memang selalu menyebabkan kehancuran yang dahsyat pula hingga menyebabkan banyak korban jiwa berjatuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *