atmago
warga bantu warga

Ini Faktor-faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

shifa~July 22, 2020 /Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang ada pada masyarakat terjadi karena tidak seimbangnya pembagian hak yang harusnya adil untuk setiap individu. Kesenjangan sosial ini dapat menyebabkan seseorang tidak mendapat apa yang harusnya ia dapatkan karena tidak memiliki status yang baik atau terpandang.

Mirisnya, kesenjangan sosial ini masih menjadi masalah luas yang harus ditekan oleh pemerintah. Mengapa? Karena kesenjangan sosial ini dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat. 

Kesenjangan sosial yang dapat menjadi ancaman luas ini, dapat kita atasi dengan menghindari faktor-faktor yang menyebabkannya ada. Lalu, apa saja faktor penyebab kesenjangan sosial?

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Tentu ada penyebab yang menjadikan kesenjangan sosial ini tumbuh makin memprihatinkan di masyarakat. Adanya perbedaan dalam masyarakat menjadi salah satu faktor penyebab kesenjangan sosial.

1. Pengaruh Globalisasi

Globalisasi dapat menjadi salah satu faktor penyebab kesenjangan sosial yang dimanfaatkan untuk mencapai suatu kemajuan. Globalisasi banyak menimbulkan kesenjangan sosial terutama di lingkup ekonomi.

Karena dengan adanya kemajuan yang diperoleh melalui globalisasi, seseorang dapat dengan mudah mengembangkan perekonomiannya. Namun, orang-orang yang tidak dapat memanfaatkan globalisasi ini tidak akan dapat mengembangkan perekonomiannya. Padahal, globalisasi di zaman ini dapat menentukan keberlangsungan hidup seseorang.

Orang-orang yang dapat memperoleh kemajuan melalui globalisasi akan mengungguli orang-orang yang tidak dapat memanfaatkan globalisasi dan dampaknya ia akan mengalami keterlambatan. Tentu hal ini akan menyebabkan suatu kesenjangan sosial.

2. Perbedaan Sumber Daya Alam

Kesenjangan sosial juga dapat disebabkan oleh adanya perbedaan sumber daya alam yang dapat menjadi potensi dari suatu daerah. Pemanfaatan sumber daya alam oleh suatu daerah atau suatu kelompok juga dapat menimbulkan kesenjangan sosial apalagi dalam lingkup ekonomi.

Apabila sumber daya alam ini dikelola dengan baik dan benar, dan dibagi hasilnya secara merata kepada setiap masyarakat yang berhak mendapatkan, maka kesenjangan sosial dapat ditekan. Namun, seperti yang dapat kita lihat, ada saja pihak yang tidak bisa mengelola sumber daya alam dengan baik.

Contohnya, pihak-pihak yang mengeksploitasi sumber daya alam dengan hanya menguntungkan pihaknya saja, tanpa membagi rata kepada orang-orang yang juga berhak mendapatkan hasilnya. Maka, di sinilah letak kesenjangan sosial itu muncul.

3. Kebijakan Pemerintah

Pada faktor penyebab kesenjangan sosial yang satu ini, kesenjangan sosial timbul melalui salah satu kebijakan pemerintah yang diterapkan kepada masyarakatnya, yaitu transmigrasi. Program perpindahan warga ke beberapa daerah dengan tujuan meratanya jumlah penduduk di setiap daerah, dapat menimbulkan kesenjangan sosial bagi setiap pelakunya.

Masyarakat pendatang dari program transmigrasi pada umumnya lebih cepat mengalami kemajuan jika dibandingkan dengan penduduk asli daerah tersebut. Karena umumnya program ini diikuti oleh orang-orang yang berasal dari kota besar dan pindah ke daerah yang lebih kecil, pengetahuan yang telah didapat dari kota besar itu menyebabkan kemajuan yang cepat dialami oleh warga pendatang.

Warga pendatang ini akan diberikan kesempatan yang lebih besar untuk berkembang lebih cepat. Maka, hal inilah yang dapat menjadi timbulnya kesenjangan sosial di antara kelompok masyarakat.

4. Letak dan Kondisi Geografis

Pada faktor penyebab kesenjangan sosial yang satu ini, kesenjangan sosial terjadi akibat tidak meratanya pembangunan infrastruktur di beberapa daerah. Umumnya kota-kota besar akan mengalami pembangunan infastruktur yang lebih pesat jika dibandingkan dengan kota-kota kecil.

Begitu pula dengan daerah-daerah dataran tinggi yang lebih sulit mengembangkan pembangunan infrastruktur jika dibandingkan dengan daerah dataran rendah, karena kemudahan akses yang lebih mudah didapat pada daerah dataran rendah.

Nah, penjelasan singkat faktor penyebab kesenjangan sosial di atas dapat kita pikirkan bersama untuk menekan kesenjangan sosial yang secara tidak sadar makin lama makin berkembang di masyarakat. Apabila semua orang saling membantu menghindari faktor-faktor tersebut, kesenjangan sosial akan dapat dikendalikan dan bahkan memperkecilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *