atmago
warga bantu warga

Cara Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Terhindar Dari Virus Corona

David Khoirul~May 11, 2020 /Corona / Covid-19
coronavirus, covid-19, dewasa

Sampai saat ini, walaupun virus Corona sudah menjadi pandemi global, dan menelan ratusan korban jiwa, namun belum ada peneliti yang menemukan vaksin khusus untuk mencegah virus ini.

Walaupun demikian, ternyata kita bisa mengubah kebiasaan kita sehari-hari untuk melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita dari virus ini.

Ikuti Cara-cara Dibawah Ini Untuk Terhindar Dari Virus Corona

Rajin Mencuci Tangan

Nah, salah satu cara yang paling mudah untuk mencegah Covid-19 adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir dengan cara yang benar minimal selama 20 detik. Usahakan untuk membersihkan seluruh bagian dari tangan kita, mulai dari telapak tangan, punggung, jari-jari hingga kuku.

Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan virus dari permukaan tangan kita, karena bisa saja secara tidak sengaja kita memegang benda yang sudah terpapar virus, terutama saat kita berada di tempat umum.

Untuk kalian yang sulit untuk mencuci tangan saat berada di luar rumah, bisa juga menggunakan hand sanitizer dengan kadar alkohol minimal 60% untuk membunuh virus-virus yang ada di tangan.

Physical Distancing

Pasti kalian sudah tidak asing dengan kata-kata Social Distancing kan.., Nah, pada dasarnya Physical Distancing sama saja dengan Social Distancing. Hanya saja istilah ini memang diubah oleh WHO untuk menekankan betapa pentingnya menjaga jarak fisik, bukannya jarak sosial, karena tidak ada yang bisa membatasi jarak sosial kita di era sekarang.

Kita dianjurkan untuk menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar kita minimal satu meter. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah droplets atau cairan-cairan yang muncul jika orang-orang di sekitar kita batuk atau pilek karena penularan utama Virus Corona adalah dari droplets tersebut. Masalahnya, Kita tidak bisa memastikan apakah orang di sekitar kita terbebas dari Virus Corona, jika kita terlalu dekat, droplets dari orang yang ternyata sudah terpapar virus bisa terhirup tanpa sengaja, sehingga cara paling efektif adalah untuk berjaga-jaga dan memutus penularan virus ini adalah dengan menjaga jarak.

Bahkan pemerintah sangat menghimbau hal ini dengan slogan “bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah”. Tak heran akhir-akhir ini #dirumahaja juga menjadi viral di sosial media.

Jangan Menyentuh Wajah

Tanpa sadar, kita bisa saja menyentuh permukaan benda yang sudah terpapar Virus Corona sebelumnya. Jangan sampai karena lalai, dengan sembarangan menyentuh wajah, hidung, mulut, ataupun mata, kita malah memindahkan virus ke dalam tubuh kita.

Ingat, sebelum menyentuh wajah, kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa tangan kita bersih dan terbebas dari Virus Corona.

Gunakan Masker

Nah, Masker hanya diperuntukan untuk orang-orang yang sakit, bukan untuk orang-orang yang sehat. Kita semua tahu, bahwa gejala sakit Corona hampir mirip seperti sakit flu, batuk, dan demam, sehingga sangat sulit untuk mengetahui apakah orang yang sakit itu terjangkit Corona atau tidak. Bahkan terkadang orang yang terlihat sehat pun ternyata bisa terjangkit Corona.

Ada dua jenis masker yang beredar di masyarakat saat ini, yaitu surgery mask dan N95. Surgery mask adalah masker yang paling biasa digunakan di masyarakat, cara yang benar menggunakannya adalah dengan memakai bagian masker yang berwarna di bagian depan, dan yang berwarna putih di bagian dalam untuk menutupi hidung, mulut, hingga dagu.

Bagian yang berwarna putih ini terbuat dari bahan yang mampu menyerap droplets yang muncul. Sedangkan masker N95 lebih diperuntukan oleh tenaga medis yang berperang langsung melawan Corona karena mempunyai daya saring hingga 95%.

Menjaga Etika Batuk atau Bersin

Cara yang paling tepat saat batuk atau bersin adalah dengan menutup hidung atau mulut kita dengan siku bagian dalam, jangan sekali-sekali menutup hidung atau mulut dengan telapak tangan. Paling tidak tutup hidung dan mulut dengan tisu. Jika kita menggunakan telapak tangan langsung, secara tidak sadar kita dapat membantu penyebaran virus dengan adanya droplets yang menempel di telapak tangan kita, baik ketika berjabat tangan maupun memegang benda di sekitar kita setelahnya.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan

Apartemen, bagian dalam, bantalan

Karena tak ada satu vaksin untuk mencegah maupun obat khusus untuk menyembuhkan Covid-19, kita bisa memperkuat daya tahan tubuh kita dengan menerapkan gaya hidup sehat. Walaupun sekarang segala sesuatunya lebih sering dikerjakan dari rumah karena adanya Physical Distancing, kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga saat di rumah, makan-makanan yang sehat, minum vitamin, dan menjaga pola tidur. Menjaga kebersihan rumah dengan menyemprotkan cairan desinfektan pun juga bisa menjadi cara ampuh untuk melawan virus ini.

Dengan meningkatkan imunitas tubuh, berarti kita memberikan perlindungan kepada diri sendiri dan keluarga kita untuk melawan virus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *