atmago
warga bantu warga

Berbagi informasi di kala pandemi Covid-19

David Khoirul~October 28, 2020 /Corona / Covid-19
Close-up Photo of Dandelion

Atmago – Masa pandemi Covid-19 memaksa semua orang tanpa terkecuali membatasi segala aktivitas. Sekolah, bekerja dan bersosialisasi dilakukan dari rumah. Jangankan berkegiatan seperti biasa, untuk menyapa tetangga kanan kiri-pun menjadi hal yang cukup istimewa. Terkurung didalam rumah bukan berarti tidak produktif. Bahkan sering muncul ide-ide yang kreatif dari ke-gabut-an kita dan sayang apabila tidak disebar-luaskan.

Melalui platform Atmago, ide-ide yang muncul dan menghasilkan peluang usaha atau bahkan sekedar informasi yang bermanfaat bisa tersalurkan dan disebar-luaskan. Tetap bersosialisasi dengan semua orang secara aman dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Bersosialisasi dalam jaringan atau daring.

Sebagai Duta Atmago, sosialisasi terkait keberadaan platform Jurnalisme Warga ini juga dilakukan dengan sistem daring. Mengajak kenalan, komunitas dan orang-orang disekitar kita secara virtual. Karena memang pertemuan tatap muka tidak dianjurkan. Sosialisasi virtual mengajak orang-orang disekitar kita berbagi informasi, ide, lowongan pekerjaan dan berbagai agenda sosial melalui Atmago.

Tentu saja sosialiasi ini mengandalkan jaringan pertemanan dalam media sosial kita sepeti melalui facebook (FB), instagram (IG) dan whats app (WA). Sosialisasi daring ini cukup efektif karena langsung berinteraksi dengan orang di sekitar kita. Bertemu langsung meskipun secara virtual, tetapi memang harus intensif guna memastikan respon dari lawan komunikasi.

Hasil dari sosialisasi dapat dilihat dari jumlah kunjungan dalam platform Atmago dan antusiasme menulis dalam Jurnalisme Warga. Bukan tidak mungkin tulisan yang dimuat dalam Berita Warga atau kanal lainnya akan dibagi-bagikan (share) dan menjadi bahan diskusi dilingkungan yang bersangkutan. Harapannya, platform Atmago terus berkembang dan menjadi wadah berbagi informasi yang besar serta memberikan manfaat bagi semua orang.

– Duta Atmago Solo, Deni Suryanti –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *