atmago
warga bantu warga

Kenali Ragam Kesenjangan dalam Masyarakat, Tak Hanya Ekonomi Saja, lho!

shifa~July 20, 2020 /Kesenjangan Sosial

Bentuk Kesenjangan Sosial dalam Masyarakat

Kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi atau keadaan yang tidak seimbang yang ada pada kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok. Dalam kesenjangan sosial ini sering terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan pada hal-hal yang akan dianggap penting oleh masyarakat.

Kesenjangan sosial yang paling sering dibahas adalah mengenai perbedaan yang mencolok dari segi finansial atau kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat. Hal ini mencakup kekayaan harta, berupa kekayaan barang atau jasa dan lainnya. 

Adanya suatu kesenjangan sosial ini juga dapat ditandai dengan tidak seimbangnya barang atau jasa, kesempatan, kekayaan, imbalan, atau hukum yang akan diterima oleh masing-masing individu.

Lalu, apa saja bentuk kesenjangan sosial tersebut?

Bentuk Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat tentu membuat banyak orang yang akan dirugikan. Karena kesenjangan sosial ini akan berat di satu pihak yang dirugikan, akibat tidak seimbangnya pembagian hak-hak masing-masing individu.

Kesenjangan sosial ini bisa terjadi dalam beberapa bentuk. Berikut ini bentuk kesenjangan sosial yang kerap terjadi di masyarakat

1. Ekonomi

Kesenjangan sosial yang paling terlihat di lapisan masyarakat adalah dalam bidang ekonomi, yakni dalam segi finansial. Kebanyakan masyarakat menganggap bahwa status perekonomian dapat menentukan status sosial mereka. 

Orang dengan status perekonomian yang baik, akan memiliki status sosial yang baik dan terpandang, dan begitu sebaliknya. Bagi orang yang memiliki status perekonomian kurang baik, akan menerima status sosial yang juga kurang baik dan kurang terpandang. 

Adanya perbedaan yang mencolok ini dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat yang mementingkan status ekonomi dan status sosial mereka. 

2. Psikologis

Kesenjangan sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat berkaitan erat dengan psikologis beberapa individu. Seperti perasaan akan ketertinggalan, miskin, dan yang lainnya. 

Karena adanya kesenjangan sosial yang tampak mencolok di masyarakat ini, akan memicu beberapa orang untuk memiliki perasaan putus asa dan stres hingga depresi akan kondisinya yang tidak setara dengan orang lain.

Pun, banyak ahli yang mengatakan bahwa kesenjangan sosial dapat merusak diri, melalui kesenjangan sosial-psikis.

3. Budaya

Kesenjangan sosial pada sektor budaya dapat terjadi karena adanya perbedaan pendapat mengenai kebudayaan yang ada pada masyarakat. Kesenjangan sosial yang terjadi akibat perbedaan budaya ini dapat berdampak serius dengan kemungkinan adanya perpecahan di lapisan masyarakat.

Ada orang-orang yang membanggakan kebudayaannya dengan cara yang berlebihan, maka hal ini dapat menyebabkan kesenjangan sosial pada lingkup budaya. Karena pemikiran seperti ini dapat berakibat tidak mengakui kebudayaan milik orang lain yang harusnya patut kita hargai.

Kemungkinan adanya perpecahan di masyarakat terjadi karena adanya perbedaan perlakuan terhadap kebudayaan. Budaya yang dianggap baik akan diterima dengan baik oleh masyarakat, namun budaya yang dianggap tidak baik akan mendapat perlakuan yang kurang baik. Padahal, anggapan ini tidak bisa menjadi patokan dalam menyikapi atau membentuk status sosial pada setiap individu.

4. Lingkungan Alam

Sumber daya alam yang menjadi potensi setiap daerah juga dapat menjadi suatu kesenjangan sosial. Adanya perbedaan yang jelas terlihat dari potensi sumber daya alam ini dapat memicu keserakahan masyarakat.

Keserakahan tersebut dapat ditandai dengan pengeksploitasian sumber daya alam oleh suatu pihak yang tidak mementingkan kesejahteraan pihak lain. Padahal, mereka sama-sama memiliki hak untuk mengonsumsi sumber daya alam tersebut. Namun karena sikap serakah ini, akan muncul kesenjangan sosial di lapisan masyarakat.

Begitulah bentuk kesenjangan sosial yang ada di lapisan masyarakat. Kesenjangan sosial ini tentunya tidak bisa kita biarkan begitu saja. Mungkin orang yang merasa diuntungkan, atau memiliki status sosial yang baik tidak akan merasakan kesenjangan sosial pada hidupnya. Namun, orang-orang yang harus bertahan dalam kesenjangan ini harus berjuang untuk tetap ada dalam status sosial yang baik, yang dapat menyejahterakan hidupnya bahkan meski hanya sedikit saja.

Sudah mulai terbayang pengertian Kesenjangan sosial? Simak juga contoh kesenjangan sosial di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *