atmago
warga bantu warga

Bencana Alam Kekeringan dan Cara Menghadapinya

shifa~July 16, 2020 /Bencana Alam

Jenis-Jenis Bencana Alam Kekeringan di Indonesia

Dalam beberapa dekade terakhir, dunia dihadapi dengan bencana alam kekeringan. Tidak hanya di Indonesia, hampir seluruh dunia pernah mengalami bencana tersebut. Intensitas dan frekuensi kekeringan di seluruh dunia semakin parah ketika iklim dunia terganggu akibat berbagai aktivitas manusia. Aktivitas tersebut menjadikan dunia mengalami kekeringan berkepanjangan. 

Apa Itu Bencana Alam Kekeringan?

Dilansir dari situs resmi BNPB, pengertian kekeringan adalah suatu periode di mana hubungan ketersediaan air berada jauh di bawah kebutuhan air untuk berbagai aktivitas manusia seperti kegiatan sehari-hari, ekonomi, pertanian, kegiatan ekonomi dan kegiatan lingkungan. Akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan ketersediaan air di alam, maka kehidupan dasar manusia menjadi teganggu. 

Jenis Bencana Alam Kekeringan

Para ahli berpendapat bahwa kekeringan memiliki beberapa kategori yang juga berhubungan dengan faktor penyebabnya. Terdapat dua kategori kekeringan, yaitu kekeringan alami dan kekeringan antropogenik. 

Kekeringan alami terbagi dalam beberapa jenis, yaitu kekeringan hidrologis, kekeringan meteorologis, kekeringan pertanian, kekeringan sosial ekonomi. Kekeringan hidrologi adalah kekeringan yang terjadi ketika air yang berada di permukaan dan di dalam tanah berkurang karena berbagai aktivitas alam. Kekeringan meteorologis adalah kekeringan yang terjadi ketika suatu daerah memasuki periode musim hujan. Musim hujan yang seharusnya membawa awan pemicu hujan namun volume awan hujan tidak cukup untuk menghasilkan hujan yang lebat. Hujan pun terjadi namun di bawah normal sehingga daerah tersebut mengalami kekeringan meteorologis. 

Kekeringan pertanian adalah suatu fenomena yang terjadi ketika kuantitas air di dalam tanah pertanian mengalami defisit sehingga aktivitas pertanian menjadi terganggu. Para ahli iklim mengkategorikan kekeringan pertanian ke dalam kekeringan alami dengan konteks kekurangan air di dalam tanah pertanian disebabkan oleh sungai aliran irigasi dan curah hujan sedikit sehingga tanah kekurangan airnya. Kekeringan alami yang terakhir adalah kekeringan sosial ekonomi. Kekeringan ini merupakan kekeringan gabungan antara kekeringan hidrologis, kekeringan meteorologis dan kekeringan pertanian. Kekeringan sosial ekonomi menyebabkan aktivitas ekonomi menjadi terganggu, pasokan kebutuhan dasar pun ikut terganggu. 

Kekeringan antropologis adalah suatu fenomena kekeringan yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang dekstruktif terhadap alam. Penggunaan air yang di luar batas kewajaran, pembuangan sampah ke sumber air, aktivitas pabrik dan industri yang mengotori sumber air menyebabkan ketersediaan air bersih semakin berkurang. Aktivitas dapat dikategorikan sebagai penyebab terjaidnya kekeringan antropologis. 

Bagaimana Menghadapi Bencana Alam Kekeringan?

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan mengalami kekeringan, baik kekeringan alami maupun kekeringan antropologis, Anda bisa menjalankan beberapa tips agar dampak dari kekeringan tidak terlalu signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *