atmago
warga bantu warga

Awas, Bencana Alam Ini Sering Terjadi di Musim Kemarau!

shifa~July 15, 2020 /Bencana Alam

Bencana alam memang tidak bisa kita hindari. Selain karena bencana tersebut dapat menjadi musibah bagi kita, tapi juga terkadang kita tidak bisa memprediksi datangnya bencana alam. Namun, ada beberapa bencana yang hanya datang sesuai dengan waktunya, yang biasanya datang sesuai dengan musim.

Ada dua musim yang datang setiap tahun di Indonesia, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Ketika musim hujan datang, bencana yang kerap menyertai adalah banjir, yang pasti datang setiap tahun di wilayah-wilayah tertentu. Juga, bencana banjir rob yang tidak dapat dihindari, pun dapat berpotensi menyerang beberapa wilayah.

Sedangkan ketika musim kemarau, bencana alam yang sering terjadi di musim kemarau adalah kekeringan dan kebakaran. Dua bencana alam yang sering terjadi di musim kemarau ini saling berhubungan sebab-akibat. Jadi, mari kita bahas kedua bencana alam yang sering terjadi di musim kemarau ini.

Bencana Alam yang Sering Terjadi di Musim Kemarau adalah Kekeringan dan Kebakaran

Musim kemarau dengan intensitas curah hujan yang rendah dapat menyebabkan kurangnya persediaan air bagi makhluk-makhluk yang ada di bumi. Apalagi dengan ketika musim kemarau, matahari bersinar lebih terik dari biasanya yang membuat air dapat menguap lebih cepat. Karenanya, bencana alam yang sering terjadi di musim kemarau adalah kekeringan dan kebakaran, yang merupakan akibat dari dua faktor tadi.

Bencana Alam Kekeringan

Bencana kekeringan yang kerap datang bersamaan dengan musim kemarau ini telah mengganggu kesejahteraan masyarakat. Bencana kekeringan ini selain dapat terjadi karena ulah manusia, namun juga dapat datang dengan sendirinya saat musim kemarau. Kekeringan yang terjadi secara alamiah dapat kita bedakan menjadi empat, yaitu kekeringan meteorologis, kekeringan hidrologis, kekeringan agronomis, dan kekeringan sosial ekonomi. Mari kita bahas 4 jenis kekeringan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *